Makalah Tentang Layanan Pengiriman Surat di Kantor Pos


Makalah tentang layanan pengiriman surat di kantor pos dapat memberikan kenangan tentang pengiriman surat di zaman sebelum media internet sangat semarak. Dahulu jasa kantor pos sangat banyak terutama didalam hal kirim mengirim baik mengirim kabar, uang atau barang.

Jenis pengiriman surat yang ada di kantor pos, yaitu surat biasa, surat kilat dan surat kilat tercatat. Perbedaan jenis surat tersebut akan mempengaruhi pada harga pengiriman yang harus dibayar dan kecepatan serta ketepatan untuk sampai di alamat yang dituju.

Cara mengirim surat biasa dan surat kilat cukup dengan ditempel perangko di sudut kanan atas yang kemudian akan dicap oleh petugas kantor pos sebagai tanda sah dan akan surat akan dikirim di alamat yang terdapat di tulisan alamat di amplop surat. Sedangkan untuk surat tercatat tidak memerlukan perangko, hanya membayar biaya pengiriman dan di cap serta diberi keterangan dari petugas pos dan akan dikirim ke alamat yang dituju.

Pengiriman paket barang juga tersedia di kantor pos. Caranya dengan menulis alamat yang dituju pada bagian luar bungkusan barang kemudian akan diberi cap serta keterangan, membayar biaya kirim, dan barang akan segera dikirim ke alamat yang tertera.

Perubahan status Pos Indonesia dimulai dengan Jawatan PTT (Post, Telegraph and Telepone). Badan usaha ini dipimpin oleh kepala jawatan yang operasionalnya bersifat nonkomersil karena lebih berfungsi ntuk kepentingan publik. Kenudian statusnya berubah menjadi Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel), Perusahaan Negara Pos dan Giro (PN Pos dan Giro), Perum Pos dan Giro dan terakhir menjadi PT. Pos Indonesia.

Pos Indonesia di masa sekarang telah menunjukkan kreativitasnya di dalam pengembangan bidang pengiriman dengan memanfaatkan infrastruktur jaringan layanan yang dimilikinya di seluruh pelosok Indonesia. Sekarang, dengan perkembangan teknologi, pihak Pos Indonesia memanfaatkan dengan didirikannya kantor pos online yang dilengkapi dengan electronic mobile pos di beberapa kota besar di Indonesia.

Makalah tentang layanan pengiriman surat di kantor pos dapat memberikan pengetahuan tentang cara pengiriman surat dan sejarah Pos Indonesia.

Selanjutnya : Makalah Tentang Peluang Usaha Dekat Kita
Sebelumnya: Fenomena Alam Bukti Kebesaran Allah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar