Makalah Tentang Menuntut Ilmu Kewajiban atas Muslim Laki Laki dan Perempuan


Ilmu dapat dikatakan sebagai penuntun muslim agar dapat beramal dengan benar di dunia. Tanpa adanya ilmu dalam diri seorang muslim, maka amalannya dipastikan akan menyalahi tuntunan agama.

Dan ternyata dalam Islam, syariat telah mewajibkan pada setiap muslim untuk senantiasa belajar. Makalah tentang menuntut ilmu kewajiban atas muslim laki laki dan perempuan ini bisa meningkatkan semangat belajar bagi para pengunjung Anneahira.com.

Muslim yang berilmu baik itu dari kalangan laki-laki maupun wanita mempunyai derajat yang tinggi di hari kiamat kelak. Maka sangat merugi bagi manusia yang hidupnya tidak dibarengi dengan menimba ilmu.

Sebab di salah satu hadits sohih, nabi Muhammad mengatakan bahwa menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Tanpa mengenal jenis kelamin, jabatan, umur dan kekayaan. Semua muslim wajib menuntut ilmu sampai ruh lepas dari raganya.

Di dalam banyak ayat Al-Qur’an juga dinyatakan seorang berilmu mampu memahami perintah dan larangan Allah SW dengan benar. Tidak sebagaimana orang-orang bodoh yang menafsirkan ayat dan hadist secara sembarangan.

Ibnu Abbas pernah mengungkapkan bahwa seorang berilmu derajatnya lebih tinggi daripada kaum muslimin. Sebab seseorang yang fakih agama dapat menuntun kaum muslimin agar tidak tergelincir dalam amalan yang salah.

Di hadits lain, Rasulullah menyampaikan bahwa orang berilmu atau ulama ialah pewaris para nabi. Dari sunnah tersebut saja sudah dapat kita ketahui kelebihan seorang yang alim atau berilmu.

Tanpa adanya para ulama maka agama Islam tidak akan dapat dimengerti dengan baik oleh manusia. Terutama di zaman modern ini, di mana manusia semakin cinta akan dunia yang bersifat fana.

Belajar tidak hanya terhenti sampai wisuda atau kelulusan di sebuah lembaga pendidikan, Islam telah meletakkan pondasi kuat agar pemeluknya senantiasa bergelut dengan ilmu.

Baik itu mempelajari ilmu agama ataupun yang bersifat sains dan iptek. Para ulama sepakat bahwa setiap masa yang dilalui kaum muslimin harus ada seseorang yang berilmu, atau sekelas mujtahid. Agar permasalahan yang baru muncul dapat dihukumi dengan Kitabullah dan Sunnah Rosul.

Sekian ulasan singkat makalah tentang menuntut ilmu kewajiban atas muslim laki laki dan perempuan, dan selamat belajar Islam dan sains!

Selanjutnya : Makalah Tentang Penawaran Barang
Sebelumnya: Membuat Makalah Tentang Kaca Pembesar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar