Makalah Tentang Negara India: Tradisi dan Adat Istiadat


Budaya India adalah salah satu yang tertua di dunia, kira-kira 5.000 tahun usianya. Banyak sumber menggambarkannya sebagai “Sa Prathama Sanskriti Vishvavara – Pertama dan Budaya Tertinggi di Dunia.” India adalah negara yang sangat beragam, dan daerah yang berbeda memiliki budayanya sendiri. Bahasa, agama, makanan dan seni hanya beberapa aspek berbeda dari budaya bangsa India. Berikut ini beberapa hal yang bisa dijadikan sebagai panduan untuk menyusun makalah tentang Negara India dalam hal ini ditinjau dari segi kebudayaaannya.

Bahasa India

India memiliki 28 provinsi dan tujuh teritori, dan masing-masing memiliki satu bahasa resmi. Sementara bahasa nasional adalah Hindi dan Inggris, ada sekitar 22 bahasa resmi dan hampir 400 bahasa aktif yang diucapkan di berbagai bagian negara. Sebagian besar bahasa India terdiri atas dua keluarga, Arya dan Dravida.

Agama India

India diidentifikasi sebagai tepat kelahiran agama Hindu dan Budha. Mayoritas terbesar (84 persen) dari penduduk memeluk agama Hindu. Terdapat banyak variasi dari agama Hindu dan empat sekte dominan (Siwa, Vaishnava, Shakteya dan Smarta).

Kira-kira 13 persen dari rakyat India adalah Muslim, membuatnya menjadi salah satu negara peeluk Islam terbesar di dunia. Agama Kristen dan Sikhs hanya dipeluk oleh sedikit penduduk, dan terdapat sedikit pemeluk Budha dan Jain.

Makanan India

Masakan India mendapat pengaruh dari Arab, Turki dan Eropa. Hal ini dikenal dengan penggunaan berbagai jenis bumbu dan hidangan dalam banyak piring. Gaya memasak berbeda dari satu wilayah ke wilayah lain.

Banyak pemeluk Hindu adalah vegetarian, tetapi domba dan ayam merupakan hidangan utama untuk non vegetarian.
Banyak makanan India diakan dengan menggunakan tangan atau roti. Terdapat beragam roti yang disajikan dengan makanan, termasuk naan roti ragi yang dimasak dalam oven dan bhatoora, roti lembut yang umum di India Utara dan dimakan dengan kari kacang.

Arsitektur India

Contoh yang paling terkenal dari arsitektur India dalah Taj Mahal, dibangun oleh kaisar Mughal Shah Jahan untuk menghormati istri ketiganya, Mumtaz Mahal. Arsitektur ini menggabungkan berbagai elemen gaya arsitektur Islam, Persia, Ottoman Turki dan India. India juga memiliki banyak kuil-kuil tua.

Seni India

India dikenal baik karena industri filmnya, yang berbasis di Mumbai dan sering disebut sebagai Bollywood. Negara ini mulai sebagai produsen utama fim pada 1930-an. Sekarang ini film-filmnya dikenal karena nyanyian dan tariannya dan Bollywood memproduksi film lebih pertahunnya dibandingkan Hollywood.

Tarian India memiliki tradisi lebih dari 2.000 tahun. Tradisi tarian klasikal utama adalah Bharata Natyam, Kathak, Odissi, Maniouri, Kuchipudi, Mohiniattam dan Kathakali, yang menggambarkan tema darii mitologi dan literatur dan memiliki aturan presentasi yang kaku.

Bahasa, agama, makanan, arsitektur dan seni dapat dijadikan patokan utama dalam menyusun makalah Tentang Negara India terutama yang menyangkut tradisi dan adat istiadatnya.

Selanjutnya : Unsur Unsur Karya Tulis Ilmiah Yang Harus Dipenuhi Penulis
Sebelumnya: Cara Pengiriman Naskah dan Alamat Penerbit Mizan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar