Panduan Membuat Makalah tentang Pembentukan Tanah dan Batu-batuan


Membuat makalah tidaklah sesulit yang dibayangkan. Cukup dengan memahami urutan masing-masing bagian yang akan dibahas akan sangat memudahkan dalam penulisan makalah. Seperti apakah misalnya membuat makalah tentang pembentukan tanah dan batu-batuan? Simaklah urutan tiap bagian makalah di bawah ini.

Bab I PENDAHULUAN

I.1 Latar Belakang

Di bagian ini kita menuliskan tentang hal-hal yang menjadi alasan pembuatan makalah, misalnya untuk mendapatkan pengetahuan yang memadai tentang tanah dan pembentukannya.

I.2 Tujuan

Biasanya yang menjadi tujuan pembuatan makalah adalah untuk memenuhi kriteria penilaian suatu mata kuliah yang terkait. Dan juga untuk mengetahui dan mengenali proses pembentukan tanah dan sekaligus pembentukan batu batuan.

Bab II PEMBAHASAN

II.1 Definisi

Dalam bagian ini dibahas mengenai definisi dan pengertian dari subyek yang dijadikan poin utama makalah. Dalam makalah ini dibahas mengenai definisi tanah, definisi batu batuan dan juga definisi pembentukan tanah dan batu batuan.

II.2 Profil Tanah

II.2.1 Unsur-unsur yang Membentuk Tanah

Di bagian ini diterangkan unsur-unsur yang membentuk tanah dan batu-batuan, seperti iklim, organisme, bahan induk, topografi dan waktu. Dalam tiap unsur diberi penjelasan yang memadaiĀ  sehingga memudahkan bagi pembaca makalah tersebut.

II.2.2 Proses Pembentukan Tanah dan Batu Batuan

Di bagian ini diterangkan secara terperinci mengenai proses pembentukan tanah, mulai dari bahan induk pembentukan tanah yang keras menjadi bahan yang lunak, dan akhirnya menjadi lapisan tanah. Juga disebutkan waktu yang dibutuhkan dalam proses pembentukan tanah dan batu batuan.

Dalam bagian ini dibahas pula mengenai proses pelapukan yang menjadi proses mendasar dalam pembentukan tanah dan batu batuan. Sebutkan pula pembagian pelapukan berdasarkan proses terjadinya.

II.2.3 Faktor-faktor yang Mempengaruhi Proses Pembentukan Tanah dan Batu Batuan

Di bagian ini dibahas mengenai faktor apa sajakah yang mempengaruhi proses pembentukan tanah dan batu batuan. Juga faktor apa saja yang mempengaruhi pelapukan yang terjadi.

BAB III KESIMPULAN

Sebagai penutup sebaiknya cantumkan review sekilas mengenai proses pembentukan tanah dan batu batuan, sekaligus juga harapan-harapan seiring pembuatan makalah.

Demikian panduan dalam membuat makalah pembentukan tanah dan batu batuan. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Mengenal Makanan Bayi Sehat
Sebelumnya: Pelaksanaan Pemilu Tahun 1955 (Waktu Pelaksanaan Pemilu)
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar