Makalah Tentang Penawaran Barang


Makalah tentang penawaran barang sangat penting dalam mempublikasikan barang yang akan ditawarkan kepada para konsumen yang membutuhkan.

Biasanya dalam ilmu ekonomi akan terdapat istilah permintaan (demand) dan penawaran (supply). Dalam hubungan ini akan terjadi suatu transaksi yang dilakukan oleh penjual dan pembeli.

Penjual akan melakukan penawaran, sedangkan pembeli akan melakukan permintaan, dari kedua hubungan ini akan terjadi suatu kesepakatan bersama tentang harga dari barang tersebut.

Dengan demikian makalah penawaran sangat penting untuk penjual dalam rangka menawarkan sejumlah barang yang dapat menarik para pembeli atau para konsumen.

Pengertian Makalah Penawaran

Pengertian dari makalah penawaran yaitu merupakan makalah yang menjelaskan tentang penawaran suatu barang yang akan dijual kepada pembeli dengan harga tertentu. Makalah ini nantinya akan disampaikan kepada para konsumen sebagai bentuk dari promosi yang dilakukan oleh para penjual.

Transaksi jual beli yang dilakukan oleh para penjual dan pembeli, memiliki tujuan yang sama, yaitu mencari keuntungan. Penjual dengan menawarkan barang yang diproduksi akan mendapatkan keuntungan berupa harga barang yang bernilai tinggi.

Sedangkan pada konsumen, menginginkan barang yang memiliki kualitas yang bagus namun menginginkan harga jual yang rendah.

Oleh karena itu, hubungan antara penjual dan pembeli akan semakin erat kaitannya dalam mencapai kesepakatan bersama. Kesepakan yang dilakukan hanya untuk mendapatkan harga yang seimbang, yang menguntungkan penjual juga menguntungkan pembeli.

Makalah penawaran berisi tentang pengertian dan tujuan dilakukannya penawaran, oleh karena itu, dalam membuat makalah penawaran sebaiknya harus detail, teliti dan lebih cermat lagi, agar terlihat lebih menarik peminat para konsumen. Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya peningkatan pada jumlah penawaran barang yang dipromosikan.

Biasanya di dalam makalah penawaran, akan dijelaskan juga tentang faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya penawaran. Faktor-faktor yang dimaksud adalah sebagai berikut:

a.    Tujuan dari perusahaan dalam menawarkan barang.
b.    Teknologi dan biaya produksi yang digunakan dalam poses pembuatan barang yang akan ditawarkan.
c.    Memperkirakan nasib harga dari suatu barang pada masa yang akan datang.
d.    Pengaruh pemungutan pajak
e.    Pengaruh harga dan ketersediaan barang yang akan ditawarkan.

Demikian informasi yang berkaitan dengan makalah tentang penawaran. Semoga informasi ini menambah wawasan dan pengetahuan Anda. Terima kasih.

Selanjutnya : Dakwah Sholat Jumat dalam Khutbah dan Secara Langsung
Sebelumnya: Makalah Tentang Menuntut Ilmu Kewajiban atas Muslim Laki Laki dan Perempuan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar