Makalah Tentang Pengaruh Hukum Islam di Indonesia


Penerapan hukum Islam di Indonesia dapat dilihat pada makalah tentang pengaruh hukum Islam di Indonesia. Penerapan hukum Islam di Indonesia sebenarnya telah dilakukan di zaman kejayaan kerajaan Islam di Indonesia. Namun, setelah Belanda datang ke Indonesia dan menjajahnya hukum Islam dihapuskan. Penggunaanya hanya pada hukum perdata saja, terutama pada hukum tentang keluarga dan diganti dengan hukum yang berlaku di negara Belanda.

Sumber pembentukan hukum nasional di Indonesia setelah kemerdekaan Indonesia mendapatkan pengaruh dari hukum Islam, hukum Eropa warisan Belanda dan hukum adat masyarakat Indonesia. Tetapi bagi pemeluk agama Islam dibiarkan penggunaan hukum Islam di bidang hukum keluarga seperti hukum perkawinan, hukum warisan, wakaf, hibah dan wasiat yang menjadi kewenangan dari pengadilan agama setempat.

Perkembangan hukum setelah 50 tahun Indonesia merdeka membuat ketiga macam hukum yaitu hukum Islam, hukum Eropa dan hukum adat saling mempengaruhi dan terjadi gesekan sosial. Terutama mengenai hukum undang-undang perkawinan, undang-undang pengadilan agama dan undang-undang hukum pidana. Namun pada kenyataannya hukum Eropa lebih dominan daripada hukum Islam dan hukum adat.

Hukum Islam mempunyai kesakralan yang tidak dapat diganggu gugat. Apabila melawan atau memberikan tafsiran yang berbeda akan dianggap sebagai kekufuran. Namun masyarakat kurang memahami tentang penggunaan hukum Islam di dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.

Perkembangan hukum Islam di masa Orde Baru memberikan ruang bagi perkembangan penegakan syariat hukum Islam di Indonesia diiringi dengan pro kontra dari berbagai pihak. Setiap kelompok saling mengajukan argumentasinya. Hukum Islam telah diterapkan di daerah Aceh. Hukum tentang berpakaian juga telah diterapkan di Aceh yang merupakan serambi Mekah. Banyaknya umat muslim di Aceh akan sangat mendukung pelaksanaan hukum Islam di daerahnya.

Lahirnya undang-undang yang menerapkan hukum Islam membuat semakin meluasnya penerapan di Indonesia. Penerapan hukum Islam diantaranya adalah dengan berdirinya bermacam-macam bank syariah, undang-undang zakat, pelaksanaan ibadah haji, undang-undang miras, anti pornografi dan larangan prostitusi.

Dari uraian makalah tentang pengaruh hukum Islam di Indonesia akan menambah pengetahuan tentang perkembangan dan penerapan hukum Islam di Indonesia.

Selanjutnya : Makalah Tentang Perwalian dalam Akad Nikah
Sebelumnya: Makalah Tentang Peluang Usaha Dekat Kita
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar