Makalah tentang Tendangan Penalti Sepak Bola


Makalah tentang tendangan penalti sepak bola biasanya dilihat dari aspek teknik dan gerak biomekanik manusia. Tahapan teknik menendang bola yakni ; persiapan atau ancang-ancang, saat menendang dan follow-through.

Teknik Menendang Pinalti

Setiap pemain sepakbola memiliki ciri khas tersendiri dalam teknik menendang. David Beckham terkenal dengan tendangan ‘pisangnya’. Gabriel Batistuta terkenal dengan kecepatan bola yang meluncur.

Lionel Messi terkenal dengan ketepatan membidik bola ke arah seluruh bagian daerah gawang.

Tendangan penalti terjadi apabila seorang pemain melakukan pelanggaran yang berada di dalam daerah kotak penjaga gawang dari tim sendiri.

Tendangan ini harus dilakukan pada titik di dalam kotak penjaga gawang yang berjarak sekitar 12 kaki dari garis batas gawang. Pada kasus ini, daerah kotak gawang tidak dijaga sama sekali oleh pemain lawan terkecuali keeper itu sendiri.

Aspek teknik menendang bola pada makalah tentang tendangan penalti sepak bola memperhatikan posisi persiapan atau ancang-ancang, saat menendang, dan follow through.

Pada posisi persiapan, jarak rata-rata pemain terhadap bola sekitar 3-4 m. tergantung dengan gaya pemain itu sendiri, sudut yang dipakai oleh pemain untuk menendang bola bisa bervariasi. Ada yang terbiasa dengan tegak lurus, ada pula yang terbiasa dengan sisi samping kiri atau kanan.

Saat pemain menendang bola yang memakai kaki kanan, posisi letak kaki kiri menentukan bentuk lintasan bola. Bentuk lintasan bola bisa melambung, menggelinding di tanah, mendatar atau lurus. Contoh, jika kaki kiri berada tepat di sisi kiri, peluang arah lintasan bola berbentuk menggelinding di atas tanah besar.

Hal ini disebabkan oleh bagian yang terkena sentuhan kaki dengan bola berada di bagian atas bola. Follow through merupakan langkah lanjutan setelah bola meluncur.

Tergantung pada gaya pemainnya, langkah lanjutan yang terjadi bisa sebanyak satu, dua atau lebih.

Aspek lainnya yang penting dibahas dalam makalah tentang tendangan penalti sepak bola yakni gerakan biomekanik manusia.

kajian biomekanik manusia terdiri dari gerak otot-otot, persendian dan pertulangan. Seluruh anggota badan akan melakukan gerakan reflex dan spontan.

Intinya ada keseimbangan setiap melakukan gerakan tendangan bola. Demikianlah makalah tentang tendangan penalti sepak bola, semoga bermanfaat.

 

Selanjutnya : Nama Latin Daun Singkong dan Kegunaannya
Sebelumnya: Aneka Obat Mengobati Reak Secara Alami
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar