Makalah Teori Konsumsi tentang Penentu Tingkat Konsumsi


Teori konsumsi merupakan salah satu teori ekonomi yang berhubungan dengan konsumsi. Ada banyak makalah teori konsumsi yang mengangkat berbagai tema salah satunya tentang faktor penentu tingkat konsumsi. Faktor paling utama sebagai penentu tingkat konsumsi adalah pendapatan. Pendapatan dan tingkat konsumsi berjalan berdampingan dan berbanding lurus. Ketika pendapatan semakin bertambah, maka tingkat konsumsi seseorang juga akan bertambah. Makalah-makalah tentang penentu tingkat konsumsi tersebut, terlebih yang mengedepankan contoh nyata, akan sangat bermanfaat untuk mengukur tingkat konsumsi dalam suatu wilayah.

Faktor Penentu Tingkat Konsumsi

Ada beberapa faktor penentu tingkat konsumsi yang mungkin cukup sering dibahas dalam beberapa makalah teori konsumsi. Faktor-faktor penentu tersebut di antaranya sebagai berikut.

1.    Faktor yang berhubungan dengan pendapatan rumah tangga. Pendapatan ini sangat berpengaruh terhadap tingkat konsumsi. Ketika pendapatan rumah tangga meningkat, maka konsumsi seseorang juga akan meningkat.
2.    Faktor yang berhubungan dengan tingkat bunga. Adanya bunga yang tinggi membuat orang banyak berpikir untuk lebih baik menabungkan uangnya karena akan bertambah seiring adanya bunga.
3.    Faktor yang berhubungan dengan pajak. Adanya pajak akan membuat banyak orang berpikir dua kali untuk meningkatkan pola konsumsinya. Adanya pajak membuat tingkat konsumsi seseorang bisa menurun.
4.    Faktor yang berhubungan dengan tingkat kekayaan rumah tangga. Ketika kekayaan rumah tangga seseorang bertambah, maka tingkat konsumsinya pun akan bertambah.
5.    Faktor yang berhubungan dengan prakiraan masa depan. Misalnya seseorang memperkirakan harga barang tertentu akan naik di masa depan, maka ia lebih memilih untuk membelanjakan uangnya untuk  barang tersebut saat ini.
6.    Sosial budaya. Perubahan kebiasaan banyak orang yang mulai beralih pada hal-hal yang berbau modernitas, akan memengaruhi tingkat konsumsi.
7.    Komposisi dan jumlah penduduk. Faktor ini pun berpengaruh pada tingkat konsumsi.

Berbagai Makalah tentang Teori Konsumsi

Adanya makalah-makalah yang berhubungan dengan teori konsumsi misalnya tentang faktor penentu tingkat konsumsi, bisa membantu banyak orang untuk mengetahui perkembangan tingkat konsumsi masyarakat. Banyak juga makalah sejenis yang diunggah ke internet dan bisa dibaca oleh banyak orang. Banyak orang juga mulai bisa mengerti dan memahami seperti apa teori konsumsi tersebut.

Keberadaan makalah teori konsumsi tentunya tidak terlepas dari keberadaan pola konsumsi, tingkat konsumsi, dan kebiasaan konsumsi masyarakat. Hal-hal yang berhubungan dengan konsumsi masyarakat bisa menjadi sebuah penelitian yang menarik. Setiap peneliti bisa melakukan penelitian di wilayah yang berbeda dan membandingkan tingkat konsumi wilayah satu dengan wilayah lainnya. Setelah itu menentukan faktor penentu mana yang paling dominan di masing-masing wilayah. Pembahasan yang berhubungan dengan informasi faktor penentu tingkat konsumsi ini diharapkan bisa bermanfaat untuk pembaca.

Selanjutnya : Menyiapkan Materi untuk Belajar di Alam pada SMA
Sebelumnya: Mengetahui Macam-Macam Model Pembelajaran
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar