Membuat Kerangka Makalah Tsunami di Aceh dan Nias


Membuat makalah tsunami atau makalah yang membahas tentang peristiwa tsunami merupakan sebuah makalah yang cukup luas pembahasannya. Peristiwa tsunami yang telah terjadi beberapa kali memang menyisakan banyak cerita duka tersendiri. Terutama tsunami yang terjadi di negeri kita, tsunami Aceh maupun Nias.

Untuk membuat makalah tersebut, maka ada beberapa langkah yang harus ditempuh. Berikut adalah contoh kerangka makalah. Kerangka ini adalah bentuk makalah pada umumnya, sehingga pembuat makalah tinggal menyesuaikan dengan tema atau judul yang akan diangkat. Secara umum sebuah makalah terdiri dari 3 bab, yaitu bab 1 pendahuluan, bab 2 pembahasan, dan bab 3 penutup.

1. Bab I (Pendahuluan)

Latar Belakang

Latar belakang ialah gambaran secara umum makalah yang akan dibuat. Ibarat sebuah bangunan, maka latar belakang adalah pintu masuknya. Jadi, sesuai dengan tema tsunami di Aceh dan Nias, maka pada latar belakang makalah ini penulis dapat menjelaskan secara singkat tentang tsunami, penyebab, serta dampaknya bagi masyarakat di daerah Aceh dan Nias.

Rumusan Masalah

Rumusan masalah ialah masalah-masalah yang akan dibicarakan dan diangkat dalam makalah yang dibuat. Rumusan masalah biasanya dalam bentuk pertanyaan, misalnya “Apakah yang dimaksud dengan tsunami?”

Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan biasanya terkait erat dengan rumusan masalah karena sub bab ini merupakan jawaban dari rumusan masalah, misalnya “ Mendeskripsikan arti dari tsunami”

2. Bab II (Pembahasan)

Bab II atau bab pembahasan adalah bab yang merupakan inti dari sebuah makalah. Pada bab inilah pertanyaan-pertanyaan yang ada pada bab sebelumnya dibahas satu persatu.

3. Bab III (Penutup)

Kesimpulan

Kesimpulan adalah gambaran umum dari makalah yang telah dibuat. Semua yang telah dipaparkan secara rinci pada bab pembahasan dibuat kembali dalam bentuk yang singkat dan padat.

Saran-saran 

Saran-saran ialah pendapat pribadi penulis akan hal-hal yang sekiranya perlu untuk dilakukan. Saran-saran ini bertujuan untuk perbaikan di masa depan.

Dengan contoh kerangka makalah tsunami di Aceh dan Nias yang ditampilkan di atas, semoga dapat menjadi penuntun dalam pembuatan makalah yang mengangkat tema tentang tsunami.

Selanjutnya : Jual Beli Saham Haram atau Halal?
Sebelumnya: Jenis Sholat Sunnah Sesudah Sholat Wajib
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar