Makalah Usaha Bimbingan Belajar


Makalah Usaha membahas secara ilmiah bagaimana sebuah usaha dilakukan. Dimulai dari pembentukan proposal hingga perencanaan usaha hingga bagaimana rencana usaha hendak dijalankan.

Makalah di sini dapat berupa laporan, perencanaan usaha yang ditujukan untuk badan terkait, dan lain sebagainya. Dan, berikut adalah contoh makalah usaha bimbingan belajar atau bimbel.

Usaha bimbingan belajar dianggap sebagai usaha yang tidak akan pernah mati, meningat pendidikan adalah kebutuhan yang selalu dicari oleh banyak orang. Ada dua hal yang seseorang bisa lakukan dalam usaha untuk medirikan sebuah bimbingan belajar; yaitu menginduk pada sebuah lembaga pendidikan yang sudah ada dan mendirikan sendiri dirumah atau di tempat-tempat lainnya.

Namun, untuk pilihan nomor dua,seorang yang hendak membuka usaha bimbel biasanya diharuskan memiliki syarat-syarat tertentu sebelum ia bisa mendirirkan bimbingan belajar. Untuk itu, jika hendak membuat sebuah proposal serupa, hal terabik yang dilakukan adalah menghubungi terlebih dahulu dinas pendidikan terkait akan peraturan yang berlaku.

Hal paling mudah dalam membuat usaha bimbingan belajar adalah menginduk atau mengambil franchise dari lembaga bimbingan-bimbingan belajar ternama. Namun sayangnya, cara ini membutuhkan modal investasi, di luar sarana dan prasarana, minimal 10 juta.

Pada makalah kali ini hanya akan dibahas masalah usaha bimbel sendiri atau tidak menginduk. Setelah semua syarat dinas pendiidkan terpenuhi, maka langkah yang harus dipilih setelah ini adalah pencarian lokasi yang tepat. Hal paling mudah adalah mencari lokasi dekat dengan sekolah namun bila itu tidak mungkin memanfaatkan ruang rumah yang kosong adalah solusi terbaik.

Langkah selanjutnya adalah menyediakan sarana dan prasarana bagi operasional sehari-hari. Bangku, meja, kursi, papan tulis merupakan sarana utama. Sementara dari sisi manajemen adalah komputer dengan segala perlengkapannya. Kemudian file-file dan buku-buku panduan untuk mengajar sehari-hari.

Begitulah makalah usaha bimbingan belajar. Di dalam menjalankan usaha apa pun diperlukan keteguhan dan ketelatenan dalam menjalankannya. Begitu pula dengan usaha bimbingan belajar.

Naik turun jumlah murid biasanya menjadi kendala utama dalam usaha ini. Meskipun begitu, keprofesionalan sebuah lembaga bimbingan tetap menjadi tuntutan utama bagi pelaku usahanya. Semoga makalah usaha ini bermanfaat untuk Anda.

Selanjutnya : Mengenal Tata Cara Budidaya Marmut
Sebelumnya: Tanggung Jawab Suami dalam Islam
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar