Makanan Apa Saja yang Boleh Dimakan Penderita Asam Urat?


Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai makanan apa saja yang boleh dimakan penderita asam urat, ada baiknya terlebih dahulu kita mengetahui apa yang dimaksud dengan asam urat. Asam urat adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh terjadinya penumpukan sejumlah kristal pada bagian sendi tubuh manusia.

Hal tersebut mengakibatkan kadar asam urat yang ada di dalam tubuh meninggi dan mengakibatkan bengkak, radang, kaku dan rasa panas pada persendian.

Biasanya asam urat terasa pada sendi-sendi jari kaki, tumit, pergelangan tangan dan kaki, siku, dengkul dan daerah sendi lainnya. Hal ini juga disebabkan oleh asam urat yang tidak mampu dibuang ginjal melalui urin. Juga karena kelebihan asam urat yang diproduksi oleh tubuh.

Makanan untuk Penderita Asam Urat

Asam urat dapat semakin parah dengan ketidaktepatan asupan makanan bagi penderitanya. Karenanya, terdapat jenis makanan yang dipantangkan untuk penderita asam urat.

Namun, penderita asam urat patut berbahagia karena ada makanan-makanan tertentu yang diperbolehkan untuk dikonsumsi bahkan dianjurkan pengonsumsiannya, seperti nasi, umbi-umbian, roti, jagung, mie, kue, susu yang rendah lemak, keju, puding, telur dan beberapa jenis buah dan sayur.

Untuk mempercepat perbaikan kondisi asam urat, dibutuhkan asupan vitamin C yang banyak. Sebab asupan vitamin C berguna untuk mengurangi jumlah asam urat yang berada di dalam tubuh.

Anthocyanin atau anti-inflamasi yang terdapat pada buah Cherry juga dipercaya bermanfaat sebagai pengurang rasa sakit alami yang disebabkan oleh asam urat.

Juga dapat mengurangi kadar jumlah asam urat yang terkandung di dalam tubuh. Bahkan buah Cherry ini baik untuk dijadikan konsumsi buah harian bagi penderita asam urat.

Memperbanyak konsumsi air putih juga memacu keluarnya asam urat bersama keringat dan urin. Sehingga asam urat akan berkurang dengan sendirinya.

Jenis makanan lainnya seperti jeruk nipis, buah berri, pisang, alpukat, yoghurt, kacang pinto, kentang dan juga sari cuka apel, dapat menjadi teman bagi penderita asam urat. Sebab makanan tersebut, selain baik dikonsumsi juga dapat mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

Pantangan Penderita Asam Urat

Setelah membahas mengenai makanan apa saja yang boleh dimakan penderita asam urat, selanjutnya adalah pantangan bagi penderita asam urat. Mengonsumsi alkohol dan soft drink nyatanya memberikan efek buruk bagi penderita asam urat.

Seperti juga konsumsi melinjo dan atau emping, kacang-kacangan, daging kambing, jamur, jeroan, bayam matang, sawi, bebek, kerang-kerangan dan juga kalkun.

Selain itu, ikan seperti salmon dan makerel juga mesti dikurangi asupannya. Makanan laut seperi kepiting dan udang juga dipercaya memberi imbas yang tidak baik bagi penderita asam urat dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selanjutnya : Rumah Adat Dayak, Rumah Betang yang Filosofis
Sebelumnya: Pasangan Aurora Princess Adalah Pangeran Philip
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar