Makanan Bayi Usia 3 Bulan

Makanan bayi usia 3 bulan tentu berbeda dengan makanan manusia dewasa pada umumnya. Selain karena gigi mereka yang belum tumbuh sempurna, bayi berusia 3 bulan juga belum mampu mencerna makanannya dengan baik. Bayi berusia 3 bulan pada dasarnya masih sangat tergantung pada ibunya. Walaupun mereka sudah mampu berinteraksi dengan sekitarnya namun mereka belum mampu bicara dan melakukan aktifitas lainnya tanpa bantuan orang lain.

Usia 3 bulan bagi seorang bayi adalah usia awal baginya untuk mulai mengenal berbagai objek yang ada di sekitarnya karena pada saat itu mereka telah dapat melihat dan merespon dengan baik kejadian yang terjadi padanya. Mereka bisa tersenyum dan bahkan tertawa saat ada orang lain yang menggodanya atau menangis keras saat mendengar dan melihat sesuatu yang menakutkannya.

Namun, semua aktifitasnya masih serba terbatas karena satu-satunya bahasa yang keluar dari mulut mungilnya adalah menangis. Menangis saat merasa lapar, menangis saat merasa kepanasan dan menangis saat menginginkan apapun.

Usia 3 bulan adalah usia yang masih sangat rentan terhadap segala sesuatu. Pada saat itu, bayi biasanya belum dibolehkan makan makanan sembarangan mengingat organ pencernaannya juga belum cukup kuat untuk digunakan. Makanan utama bagi bayi pada saat usianya 3 bulan yaitu ASI alias Air Susu Ibu. Makanan itulah yang sangat dianjurkan diberikan pada bayi kita yang baru berusia 3 bulan.

ASI adalah makanan utama dan pertama bagi bayi yang sangat dianjurkan sejak dia baru dilahirkan dan maksimal sampai dia berusia 2 tahun. Kita sering mendengar ucapan pemberian ASI eksklusif  selama 6 bulan pertama yamng maksudnya adalah pada masa bayi dilahirkan hingga dia berusia 6 bulan ASI saja dianggap sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuhnya.

Karena pada saat itu saluran cerna mereka belum cukup siap untuk menerima makanan lain selain ASI. Kandungan ASI dirasa sudah cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan bayi dan menuntaskan rasa lapar sekaligus dahaganya. ASI eksklusif yang diberikan selama 6 bulan dipercaya sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuhnya agar tidak gampang terserang penyakit.

Namun, ada pula para ahli yang berpendapat bahwa pada saat bayi berusia 3 atau 4 bulan adalah usia yang cukup untuk diberikan makanan pendamping selain ASI. Pernyataan ini melegakan sebagian kekhawatiran para ibu yang merasa bahwa ASI saja tidak cukup untuk bayinya dan kuatir bayinya masih merasa lapar.

Makanan yang dapat dijadikan sebagai makanan pendamping ini haruslah makanan yang lunak, lembut dan mudah dicerna oleh bayi. Makanan yang sering digunakan sebagai makanan pendamping adalah susu formula.

Makanan bayi usia 3 bulanberbagai macam buah-buahan manis yang yang aman bagi bayi dan tidak membahayakan kesehatannya, yang sebelumnya dihaluskan dulu sebelum diberikan pada bayi, contoh pisang, pepaya,apel, melon dan alpukat. Sayur-sayuran yang dihaluskan, bubur tepung beras ataupun ikan tanpa tulang yang diblender terlebih dahulu.

Pemberian makanan bayi usia 3 bulan sebenarnya belum dibolehkan namun tindakan ini bisa dibenarkan terlebih lagi jika ASI tidak dapat diberikan kepada buah hati dikarenakan sebab dan kondisi tertentu baik yang terjadi pada ibu ataupun bayinya sehingga mereka memutuskan untuk memberi makanan pendamping lain pada bayinya guna pemenuhan gizinya. Walaupun pada saat itu usia bayi baru 3 bulan. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Bagaimana Kehidupan Dulu Sebelum Ada Modem?
Sebelumnya: Cerita dan Mitos Seputar Hantu di Jakarta
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar