Makanan Bergizi untuk Bayi 5 Bulan

Apakah makanan bergizi untuk bayi 5 bulan? Ketika memikirkan mengenai memulai bayi pada makanan padat dan mengenalkan makanan padat bayi, sebuah aturan yang jempolan adalah “Perhatikan Bayi – Bukan Kalender.”

Hal ini berlaku ketika mengenalkan makanan padat (makanan pelengkap) untuk ASI dan susu formula. Hanya karena bayi sudah menginjak usia 4 bulan tidak berarti dia harus diperkenalkan dengan makanan padat.

Makanan Bergizi

•  Seberapa banyak makanan yang harus diberikan pada bayi berusia 5 bulan?

Bayi mungkin hanya akan makan ½ bagian sedok makanan ketika pertama kali Anda memberikan makanan padat. Jangan berharap bayi Anda akan menghabiskan makanannya; ingat bahwa ini adalah pengalaman baru bagi bayi Anda.

Ketika bayi Anda lebih tua dan mulai makan lebih banyak makanan padat, Anda secara bertahap meningkatkan ukuran porsinya. Juga perlu diingat bahwa ASI/susu formula menyediakan total gizi Anda pada tahap ini.

Banyak orangtua menemukan bayinya akan mendorong makanan dari mulutnya pada saat mencoba pertama kali. Hal ini normal meskipun hal ini juga menunjukkan bahwa bayi Anda belum siap untuk makanan padat. Hanya Anda yang tahu bayi Anda dan akan mampu memutuskan jika bayi Anda sudah benar-benar siap untuk makanan padat.

• Apa yang bisa dimakan oleh bayi berusia 5 bulan?

AAP merekomendasikan bahwa bayi jangan dimulai dengan makanan padat sampai berusia 6 bulan. Banyak dokter Anak yang menyarankan untuk memberikan makanan padat pada usia 4 bulan. Berikut ini beberapa jenis makanan yang dapat diberikan.

1. Sereal. Anda jangan memulainya dengan sereal. Cobalah alpukat atau pisang.

2. Buah-buahan. Dapat disajikan mentah setelah berusia 8 bulan atau lebih jika buah-buahan lembut dan bayi tidak memiliki masalah pencernaan. Pisang dan alpukat tidak perlu dimasak terlebih dahulu.

3. Sayuran.Selalu masak terlebih dahulu sampai bayi berumur 12 atau ketika bayi bisa cukup mengunyah sehingga tidak ada bahaya tersedak.

4. Protein. Selalu masak dengan tidak ada bagian yang berwarna merah mudah. Jangan pernah memberikan bayi atau anak Anda dengan daging atau ayam mentah.

5. Susu. Jangan menggantikan ASI atau susu formula sampai seletah usia 12 bulan. Resiko kesehatan serius mungkin akan mengancam. Jangan memberikan produk susu skim atau rendah lemak pada anak berusia dibawah umur 2 tahun.

Sudah jelas, bahwa setiap bulan bayi mengalami perkembangan. Untuk menunjangnya, ibu harus memberikan makanan yang dapat memenuhi kebutuhan perkembangannya.

Begitu pula, kebutuhan makanan bergizi untuk bayi 5 bulan. Mereka sedang mengalami perkembangan baik motorik maupun fisik sehingga dukungan makanan menjadi kebutuhan utama.

Selanjutnya : Pembahasan Nama-nama Senjata Shotgun
Sebelumnya: Puisi Pengantar Tidur
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...