Mengenal Makanan Favorit Orang Madura


Makanan favorit orang Madura ternyata sangat beragam.  Daerah yang kaya akan tambang garam tersebut memiliki banyak kuliner yang layak dibanggakan. Berikut ini daftar makanan favorit Madura yang bisa Anda cicipi kelezatannya.

Soto Madura

Ciri khas soto Madura terletak pada olahan daging sapi dan bumbu-bumbunya. Beberapa jenis soto Madura antara lain soto Sumenep, Soto Pamekasan, dan soto Bangkalan. Masing-masing jenis soto tersebut memiliki ciri khas sendiri-sendiri. Soto Sumenep disajikan bersama lontong, singkong, tauge, dan bihun. Adapun soto Pamekasan, bisa dinikmati bersama perkedel kentang ataupun kentang rebus, lontong, bihun, dan tauge. Sedangkan soto Bangkalan, biasanya disajikan bersama kentang goreng, bihun, dan tauge.

Sate Madura

Bagi Anda penggemar sate, wajib mencicipi sate Madura. Kenikmatan sate Madura terletak pada variasi bumbunya yang sangat memanjakan lidah Anda. Bumbu sate Madura terbuat dari bumbu kecap, bumbu merica, dan bumbu kemiri.

Bebek Sinjay

Nasi bebek Sinjay terkenal dengan tekstur daging bebeknya yang sangat empuk. Selain itu, bumbu-bumbunya juga gurih, wangi, dan renyah.  Nasi bebek ini juga dilengkapi dengan sambal yang super pedas. Bagi Anda yang tidak terbiasa menyantap hidangan pedas, bersiap-siaplah merasakan sensasi sambal bebek Sinjay.

Nasi Jagung

Madura termasuk daerah yang sangat cocok ditanamai jagung. Oleh karena itu, stok jagung di Pulau Garam tersebut sangat berlimpah. Itulah sebabnya, masyarakat di sana tidak menyia-nyiakan potensi tersebut. Ketersediaan jagung diolah lebih lanjut menjadi makanan pokok berupa nasi jagung. Nasi jagung sangat direkomendasikan bagi mereka yang sedang menderita penyakit diabetes karena kadar gula dalam nasi ini tergolong rendah.

Nasi jagung Madura tidak murni dari jagung saja. Melainkan campuran antara nasi putih dan jagung. Nasi ini disajikan bersama urap-urap yang terdiri dari kacang panjang dan taoge. Bisa pula disajikan bersama sayur lodeh dan pastinya dilengkapi dengan sambal untuk menambah cita rasanya.

Itulah beberapa makanan favorit orang Madura. Saat liburan tiba, Anda sekeluarga bisa mengagendakan berkunjung ke Pulau Garam tersebut untuk menikmati sepuasnya wisata kuliner di sana.

Selanjutnya : Software untuk Mendownload di Internet Selain IDM
Sebelumnya: Skandal Anjasmara dan Isabel Yahya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar