Makanan Ikan Koi yang Aman dan Tidak Cepat Basi

Untuk mendapatkan ikan koi dengan warna cemerlang dan postur tubuh yang baik, sangat dipengaruhi oleh kualitas makanan ikan koi itu sendiri.

Makanan yang baik harganya memang masih mahal. Namun mahal saja bukan jaminan pakan untuk ikan koi Anda itu baik dan berkualitas. Di pasaran memang banyak beredar pakan impor dengan merk dan kemasan yang hampir sama, padahal kualitasnya tidak sama.

Langkah pertama ketika Anda menginginkan pakan ikan koi yang baik dan berkualitas, tidak semata-mata hanya melihat harganya melainkan harus pula meneliti komposisi nutrisi dari pakan tersebut. Langkah selanjutnya adalah memperhatikan kualitas kemasan bentuk fisik pakan itu sendiri.

Hati-hati ketika membeli pakan untuk ikan koi yang menggunakan kemasan kedap udara. Bisa dipastikan makanan seperti ini cepat basi dan memiliki kandungan zat pengawet yang kualitasnya rendah. Sebab itu makanan sedapat mungkin tidak terjadi kontak langsung dengan udara.

Selain itu salah satu ciri makanan dengan zat pengawet rendah adalah gampang ditemukan lapisan lilin pada pakan dan warnanya pun lebih mengkilat. Sedapat mungkin hindari memberi pakan ikan koi dengan ciri-ciri seperti itu, karena bisa membahayakan ikan koi Anda.

Selama ini ada pendapat keliru bahwa dengan memberi makanan yang mengandung pewarna akan memicu warna pada tubuh ikan koi. Padahal pemicu warna mengandung betakarotin, yang apabila diberikan secara sembarangan justru bisa merusak hati.

Sedapat mungkin menghindari pakan yang terlalu banyak mengandung zat pewarna. Salah satu ciri pakan yang mengandung zat pewarna adalah akan menimbulkan keruh pada air.

Hal lain yang tak kalah pentingnya adalah besar butiran pakan itu sendiri, jangan sampai terlampau besar, karena biasanya ikan koi tidak akan senang mengkonsumsi makanan yang ukurannya lebih besar dari biasanya.

Selain memperhatikan ukuran butiran pakan, lebih baik memilih pakan yang mengapung. Ikan koi memang terbukti lebih senang mengkonsumsi pakan yang mengapung daripada yang ada di dasar kolam.

Untuk memenuhi kebutuhan gizi, jangan terlalu tergantung pada satu jenis atau merk pakan ikan koi. Tidak ada salahnya Anda justru mengoplos pakan dari beberapa merk, sehingga bisa saling melengkapi kandungan gizi.

Dengan demikian semakin lengkap pula kebutuhan gizi yang bisa terpenuhi pakan tersebut. Itulah beberapa hal penting ketika Anda akan membeli dan memilih makananĀ  ikan koi.

Loading...
Selanjutnya : Ramalan Kiamat 2012 Menurut Peradaban Amerika Kuno Suku Maya
Sebelumnya: Bakteri E-Coli: Ancaman Serius Makanan Bayi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar