Makanan Khas Daerah Sumatera Selatan


Beragamnya wilayah di Indonesia turut memengaruhi jenis makanan khas tiap daerah. Bisa dilihat walaupun masih terletak di dalam satu pulau, makanan khas di Jawa Barat akan berbeda dengan makanan khas Jawa Timur. Seperti itu pula yang terjadi di Sumatera, makanan khas daerah Sumatera Selatan pasti juga berbeda dengan makanan khas Sumatera Barat.

Keragaman jenis makanan ini semakin membuat Indonesia menjadi berwarna. Anda pecinta kuliner pasti tidak akan melewatkan kesempatan ini dan mencoba setiap sudut jenis makanan khas yang ada di Indonesia.

Jika Anda ingin memakan salah satu jenis makanan dari suatu daerah, Anda tidak perlu datang ke daerahnya langsung untuk memesan. Di wilayah-wilayah tertentu pun sudah ada banyak warung makan yang menyuguhkan berbagai resep masakan khas tiap daerah di nusantara. Meskipun demikian, memang ada kepuasan tersendiri ketika Anda datang ke tempat dimana makanan tersebut berasal.

Rendang

Rendang adalah salah satu makanan khas dari Sumatera Selatan. Siapa, sih yang tidak kenal dengan makanan ini? Baru membayangkannya saja sudah membuat perut keroncongan. Rendang memang bukan makanan yang sulit didapat karena jenis makanan ini banyak dijual, terutama di warung makan padang.

Pempek

Selain rendang, pempek palembang juga termasuk salah satu makanan khas yang berasal dari Sumatera Selatan. Nah, pasti makanan ini sangat familiar di lidah orang-orang. Jenis pempek sangat beragam, namun yang paling diminati tetap pempek ikan tengiri. Disajikan dengan kuah yang  manis dan agak pedas, pempek menjadi makanan yang banyak digemari.

Sudah ada banyak tempat makan yang memang sengaja membuka warung pempek palembang, sehingga jika Anda ingin mencicipinya, Anda bisa langsung datang tanpa harus datang ke Palembang. Harga pempek pun tergolong murah dan tidak menguras kantong. Namun hati-hati, banyak yang merasa ketagihan setelah mencoba makanan ini.

Contoh makanan di atas hanya sebagian kecil dari makanan khas daerah Sumatera Selatan. Anda penasaran untuk segera mencobanya?

Selanjutnya : Materi Adab dan Perilaku dalam Islam
Sebelumnya: Cerita Rakyat Legenda Batu Menangis
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar