Seputar Makanan Kotor

Ciri makanan kotor secara fisik terlihat penuh dengan kotoran. Makanan yang sudah dibuang ke tong sampah. Makanan seperti ini paling akan dimakan oleh kucing atau anjing. Hanya orang yang kurang waras yang akan menyentuh makanan seperti ini. Tapi ternyata ada juga orang yang terpaksa mengais makanan yang sudah dibuang ke tempat sampah ini.

Menanti Makanan Sisa

Orang-orang yang mengais sampah itu bahkan menunggu makanan sisa yang akan dibuang dari restoran atau hotel besar. Beberapa jenis makanan memang terkadang tidak tersentuh. Pihak maskapai penerbangan, misalnya, tidak akan menggunakan makanan yang sudah beberapa jam tidak tersentuh. Mereka akan membuangnya.

Mengapa mereka tidak memberikannya kepada orang yang mungkin membutuhkan. Risiko cukup besar. Kalau ternyata terjadi sesuatu terhadap orang yang memakan makanan sisa tersebut? Maka orang akan menyalahkan pihak maskapai yang memberikan makanan sisa tersebut. Berbeda kalau makanan itu diambil sendiri oleh orang yang bersangkutan. Semua risiko ditanggung sendiri.

Makanan sisa terkadang tidak bisa dikatakan sebagai makanan kotor. Masih ada beberapa jenis makanan kering yang masih layak makan. Cukup sering ditemukan orang-orang yang tidak sanggup menghabiskan makanannya. Mau dibungkus, malu. Makanan itu pun dibiarkan di dalam piring.

Pihak katering terkadang sengaja menyisihkan makanan yang tidak tersentuh tersebut. Kalau masih layak dimakan, maka makanan itu boleh diambil oleh pegawainya atau diberikan kepada orang yang memang membutuhkannya.

Makanan Haram

Makanan yang tidak layak makan jenis lain adalah makanan haram. Bisa saja makanan ini haram secara zatnya atau makanan haram karena berkaitan dengan cara mendapatkannya. Makanan curian atau makanan yang dibeli dari uang korupsi, makanan itu menjadi haram.

Mengapa makanan haram menjadi kotor di dalam tubuh? Makanan itu akan mempengaruhi tingkah laku dan cara berpikir orang yang mengkonsumsinya. Jangan remehkan akibat dari mengkonsumsi makanan haram ini. Kala doa tidak terkabulkan atau ketika hati begitu sulit diajak untuk melakukan kebaikan, jangan-jangan ada makanan haram yang ada dalam darah.

Tidak hanya itu, anak-anak yang diberi makanan haram seperti ini akan tumbuh menjadi anak yang susah diarahkan. Bisa jadi mereka malah menjadi pembuat onar dan melakukan dosa. Orangtua yang mempunyai anak sepertiĀ  ini harus introspeksi apakah sudah memberikan makanan halal atau belum.

Ciri Makanan Tidak Baik

Tidak semua makanan tidak baik berbentuk tidak baik. Terkadang ada makanan yang tercemar bakteri atau mengandung racun tidak terlihat buruk. Untuk menghindari makanan tidak layak konsumsi ini, pertama, jangan mudah menerima makanan dari orang asing. Kedua, dengarkan kata hati. Biasanya ada penolakan terhadap makanan kotor tersebut.

Selanjutnya : Biografi Tokoh Agama Islam
Sebelumnya: Jenis dan Ciri-ciri Penyakit Kelamin Wanita
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...