Resep Makanan Tambahan Untuk Bayi 7 Bulan

Bayi pada usia enam bulan, akan mendapatkan makanan tambahan selain ASI atau Air Susu Ibu yang menjadi makanan utamanya selama ini. Makanan tambahan diberikan, guna mencukupkan semua nutrisi yang dibutuhkan oleh si bayi. Apa sajakah makanan tambahan untuk bayi 7 bulan? Adakah resep yang mudah di buat sendiri di rumah?

Makanan Pendamping ASI

Loading...

Apa sajakah makanan pendamping ASI yang sudah bisa didapatkan oleh anak di atas usia 6 bulan? Makanan tersebut, diantaranya:

1. Bubur Instan

Biasanya ibu-ibu di jaman modern, lebih mudah tergoda dengan iklan tentang makanan pendamping bayi yang praktis. Sehingga bubur instan seakan menjadi oase di padang pasir yang panas. Namun, sebenarnya bubur instan tidak terlalu baik bagi kesehatan tubuh bayi. Disarankan untuk tidak memberikan bayi makanan instan.

2. Bubur Saring Buatan Ibu

Jika Anda masih memiliki waktu lebih, ada baiknya memberikan bubur saring buatan ibu. Bubur saring ini, bisa diberikan hingga bayi berusia 9 bulan.

3. Pisang Ambon Dan Susu

Makanan pendamping bayi yang lainnya yakni, pisang ambon yang sudah dibakar terlebih dahulu dan diserut, untuk memisahkan bagian daging buah dan tengahnya yang berbiji. Kemudian dicampur dengan ASI atau susu formula yang sudah diberikan. Makanan ini, sangat dianjurkan jika bayi Anda bermasalah dengan berat badannya.

4. Jus Buah

Pada sore hari, bayi juga sudah bisa diberikan jus buah. Misalnya jus jeruk baby yang manis, atau jus apel. Hal ini, akan membantu bayi Anda mengenal rasa dan mengaktifkan syarat pengecapnya dengan sempurna.

Resep Bubur Sebagai Makanan Tambahan Bayi

Makanan tambahan bayi, juga bisa berupa bubur yang menggunakan bahan dasar kentang. Untuk membantu ibu-ibu di rumah dalam membuat bubur kentang, berikut resep yang bisa dijadikan referensi.

Bahan yang Dibutuhkan

Kentang         1 Buah
Susu formula        100 mili liter
Air Hangat        75 mili liter
Tepung Beras Halus    1 Sendok makan

Cara Membuatnya:

  1. Rebus kentang terlebih dahulu hingga masak. Kemudian dinginkan dan kupas kulitnya. Haluskan kentang yang sudah direbus, bisa dengan bantuan blender ataupun secara manual yakni menggunakan sendok. Tetapi, lebih disarankan menggunakan mesin blender untuk membuat struktur kentangnya tidak kasar.
  2. Setelah itu, campurkan dengan susu dan air hangat. Serta tambahkan tepung beras yang halus dan aduk hingga halus dan rata.
  3. Panaskan bahan bubur tersebutkan ke atas kompor dengan menggunakan api sedang. Aduk rata hingga mengental. Angkat, kemudian dinginkan. Makanan tambahan untuk bayi 7 bulan siap diberikan pada si kecil. Selain aman dan higienis, pastinya bubur ini menyehatkan.

Loading...
Selanjutnya : Mengetahui Sistem Pengoperasian Mesin Fotocopy
Sebelumnya: Puisi yang Bertopik tentang Kebudayaan Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar