Beberapa Jenis Makanan Tumbuhan Berupa Zat


Beberapa Jenis Makanan Tumbuhan Berupa Zat

Seperti halnya manusia dan hewan, tumbuhan yang juga merupakan makhluk hidup memerlukan makanan untuk membantu pertumbuhan dan mempertahankan hidupnya.

Akan tetapi, berbeda dengan manusia dan hewan yang umumnya memakan makanan dengan menggunakan mulut, tumbuhan yang memiliki fisiologi berbeda dari manusia dan hewan, makan bagi tumbuhan artinya menyerap.

Tumbuhan memiliki akar yang selain berfungsi sebagai penguat berdirinya tumbuhan, juga menjadi bagian yang akan menyerap beberapa jenis makanan tumbuhan berupa zat hara.

Kita tentu mengetahui bahwa makanan tumbuhan berupa zat hara. Ada beberapa jenis zat yang menjadi makanan bagi tumbuhan, baik  zat  di dalam tanah dan diserap oleh akar, maupun zat yang berasal dari pupuk.

Zat-zat tersebut memberikan banyak manfaat yang dibutuhkan tumbuhan untuk tumbuh dan berbuah.

Beberapa jenis zat tersebut di antaranya sebagai berikut :

1.    Air. Merupakan unsur atau zat penting yang menjadi makanan dari tumbuhan. Ada beberapa tumbuhan yang bisa menyimpan air karena lingkungannya yang jarang turun hujan dan gersang seperti kaktus, ada juga tumbuhan yang tidak bisa hidup di tempat yang kering artinya pasokan air harus tetap ada setiap harinya.

2.    Unsur hara. Unsur hara menjadi makanan penting yang lain yang dibutuhkan oleh tumbuhan. Unsur hara biasanya memang sudah terdapat di dalam tanah dan diserap oleh akar, akan tetapi ada juga unsur hara yang sengaja diberikan oleh petani untuk tumbuhannya, seperti unsur hara yang terkandung di dalam pupuk.

Unsur-unsur hara tersebut di antaranya natrium (N), belerang (S), kalium (K), dan fosfat (P). Semua unsur hara tersebut bisa didapatkan dari pupuk-pupuk seperti pupuk urea, pupuk SP-36, pupuk ZA, dan pupuk KCl. Unsur hara juga bisa didapatkan dari pupuk organik seperti kompos.

3.    Hasil dari fotosintesis. Tumbuhan bisa membuat makanan sendiri dengan melakukan proses fotosintesis yang tentunya memerlukan sinar matahari, butir hijau daun, dan air yang cukup.

Ketika kita berniat untuk menanam tumbuhan baik itu dalam jumlah sedikit ataupun dalam jumlah banyak, harus selalu memperhatikan makanan tumbuhan berupa zat tersebut di atas.

Pasokan air dan pupuk harus seimbang dan rutin. Khusus untuk pupuk kimia, pemakaian harus sesuai dengan aturan. Tentunya Kita akan bisa mendapatkan hasil tumbuhan seperti yang kita inginkan.

Selanjutnya : Memilih Cerita Komik Jepang yang Tepat untuk Segala Usia
Sebelumnya: Cerita Liburan ke Rumah Nenek di Desa
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar