Makanan yang Baik untuk Awal Kehamilan


Makanan yang Baik untuk Awal Kehamilan

Masa hamil merupakan masa-masa yang dinantikan oleh setiap pasangan yang segera ingin memiliki anak.

Pada saat hamil ada banyak hal yang harus diperhatikan oleh calon ibu, dan diantaranya adalah makanan yang baik untuk awal kehamilan. Asupan makanan selama hamil sangat penting untuk tumbuh kembang janin.

Keberhasilan tumbuh kembang janin di dalam kandungan bermula dari kebiasaan ibu sejak awal kehamilan. Bisa dikatakan masa awal kehamilan ini merupakan masa emas dari pertumbuhan janin, terutama pada masa-masa trimester pertama.

Mengingat pentingnya asupan makanan pada awal kehamilan ini, berarti ibu harus bisa mengatasi segala macam hambatan seputar makan, rasa mual misalnya.

Memang untuk beberapa ibu hamil, pada masa trimester pertama mengalami kendala dengan makan. Umumnya kendala tersebut adalah rasa mual, muntah dan ngidam.

Meskipun sebagian ibu hamil cenderung mengalami mual-mual, tetapi untuk sebagian lainnya tidak mengalami itu.

Bagi yang mengalami mual-mual dan susah memakan berbagai jenis makanan tetap harus memperhatikan asupan nutrisi yang diperlukan selama kehamilan terutama pada masa awal.

Tidak semua jenis makanan yang enak dimakan itu adalah makanan yang baik. Demikian juga makanan untuk ibu hamil bukan berarti porsinya ditambah karena untuk berdua.

Makanan yang masuk itu harus memenuhi gizi yang diperlukan oleh janin dan ibu sendiri, dan itu tidak berarti dalam jumlah yang banyak atau besar.

Berikut beberapa makanan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil muda :

• Daging sebagai sumber protein hewani yang baik untuk dikonsumsi. Daging mengadung vitamin B6, B12 dan niacin, serta colin yang baik untuk perkembangan otak janin.

• Kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang merah, kacang kedelai mengandung serat, protein, asam folat, kalsium, zat besi dan seng yang baik untuk pertumbuhan janin.

• Brokoli juga mengandung serat, kalsium, lutein, asam folat dan karotenoid yang sangat baik untuk perkembangan penglihatan janin.

• Berries yang teridi dari strawberry, blueberry dan rashberry ini juga baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Dalam berries mengandung vitamin C, asam folat, serat, potasium dan antioksidan yang tinggi.

Beberapa daftar makanan yang baik untuk awal kehamilan di atas bisa membantu Anda memenuhi nutrisi pada janin. Jika belum menambahkannya dalam menu harian Anda, sebaiknya penuhi mulai sekarang. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Pengertian Ekonomi Perusahaan, Tugas Pokok, Ruang Lingkup, dan Lapangan Usahanya
Sebelumnya: Mafaat Masker Putih Telur pada Wajah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar