Makanan Yang Cocok Untuk Penyakit Diabetes


Penyakit diabetes atau yang juga sering dikenal dengan sebutan kencing manis adalah penyakit di mana kadar gula di dalam darah amatlah tinggi.

Hal ini dikarenakan kemampuan insulin untuk mengubah gula darah menjadi energi berkurang. Dalam penanganan penyakit ini, haruslah dipilih makanan yang cocok untuk penyakit diabetes.

Penyebab penyakit diabetes kebanyakan adalah dari pola makan yang tak sehat. Seperti terlalu banyak untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak atau makanan instant. Faktor keturunan juga menjadi penyebab akan penyakit ini.

Salah satu metode penyembuhan dari penyakit ini adalah dengan memperhatikan masalah makanan yang dimakan oleh penderita diabetes. Berikut ini adalah jenis makanan yang sangat cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes:

1. buah apel, jeruk, berry. Semua buah ini akan membuat indek glikemik menjadi menurun. Ini sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan makanan camilan untuk penderita diabetes sehingga tak akan memakan camilan yang justru hanya akan semakin meningkatkan kadar gula di dalam darah.

2. Karbohidrat sederhana. Jenis karbohidrat ini merupakan jenis karbohidrat yang lebih cepat untuk dicerna dan mengandung kadar gula yang lebih rendah dibandingkan dengan karbohidrat kompleks seperti nasi putih sebagai makanan utama.

Makanan utama sebaiknya diganti dengan kentang, nasi jagung atau bahkan nasi merah yang semuanya mengandung kadar gula yang lebih rendah.

3. Makanan mengandung serat. Kacang-kacangan seperti kacang kenari dan kacang polong serta buah seperti jeruk dan ceri adalah termasuk ke dalam jenis makanan yang banyak mengandung serat.

Bagi penderita diabetes maka dengan makan-makanan yang banyak mengandung serat maka akan membuat efek kenyang lebih lama dan hal ini akan mencegah untuk makan lagi makanan yang lain.

4. Produk olahan susu seperti yohgurt, keju dan susu rendah lemak akan memberikan asupan vitamin D yang cukup bagi penderita diabetes.

Itulah beberapa makanan yang cocok untuk penyakit diabetes di samping jenis makanan yang lain. makanan ini memang lebih baik untuk dikonsumsi dibandingkan dengan mengkonsumsi jenis makanan lain yang mungkin hanya akan memperparah keadaan dari penderita diabetes ini.

Selanjutnya : Manfaat Buah Pepaya Bagi Tubuh
Sebelumnya: Klasifikasi Hewan Kura Kura
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar