Makanan yang Dilarang untuk Penderita Penyakit Kolesterol


Makanan yang dilarang untuk penderita penyakit kolesterol umumnya meupakan makanan mengandung lemak.  Sebenarnya lemak dibutuhkan oleh tubuh, namun jika kolesterol berlebihan dalam tubuh manusia akan mengakibatkan berbagai penyakit seperti stroke, hipertensi, diabetes, dan jantung.

Kolesterol terdiri dari dua macam, kolesterol baik disebut High density lipoprotein (HDL) dan buruk disebut Low Density Lipoprotein (LDL). LDL akan dihilangkan oleh HDL dan dibawanya kehati.

Kolesterol dalam darah yang normal 5.0 mmol/1, jika melebihi itu sebaiknya dikurangi dengan diet. Namun jika melebihi 6.5 mmol/1 sebaiknya minum obat dan terus melakukan diet secara teratur.

Makanan untuk Penderita Kolesterol

Salah satu cara mencegah kolesterol tinggi adalah dengan menjaga pola makan. Pola makan yang sehat di antaranya  dengan memperbanyak mengkonsumsi buah, sayuran, dan ikan.

Berikut adalah makanan yang dilarang untuk penderita  kolesterol, yaitu gajih sapi, daging sapi berlemak, gajih kambing, daging babi berlemak, sosis daging, udang, siput, kerang, dan kepiting. Selain itu, juga  keju, belut, santan, susu sapi, coklat, mentega, cumi-cumi, jeroan sapi, jeroan kambing, jeroan babi, kuning telur, dan telur burung puyuh.

Sebaiknya jangan menggoreng makanan di minyak yang berulang-ulang. Makanan dianjurkan dikukus atau direbus, jika makan daging ayam, kulit ayam dilepas sebelum diolah. Hal ini disebabkan, bagian kulit ayam paling banyak mengandung lemak.

Bagi penderita kolesterol sangat dianjurkan untuk makan buah-buahan dan sayuran.berikut merupakan makanan yang terbukti bisa menurunkan kolesterol di antaranya :  kacang-kacangan seperti kenari dan almond. Kemudian oat mengandung beta glukan yang dapat menyerap koklesterol jahat.

Teh hijau juga bermanfaat untuk meningkatakan kolesterol baik. Lalu tomat terbukti dapat menurunkan kolesterol jahat. Ada juga buah anggur bisa meningkatkan kolesterol baik. Buah blueberry mengandung zat yang dapat menghilangkan kolesterol jahat.

Buah plum memiliki kesamaan dengan buah blueberry untuk menghilankan kolesterol jahat. Bawang putih memiliki zat yang dapat menekan k,o,lesterol jahat dan memelihara kolesterol  baik. Kemudian minyak zaitun dan minyak kelapa yang alami, alpukat dapat meningkatkan kolesterol baik.

Selanjutnya flaxseed oil minyak rami dapat menurunkan kolesterol dalam darah. Ikan dan minyak ikan sebuah penelitian membuktikan ikan dapat menuruunkan kolesterol jahat. Buah delima jus buah delima menghilangkan plak kolesterol jahat. Terakhir, yogurt dengan probiotik bekerja dengan mencegah reabsorsi kembali kealiran darah.

Selain dengan pola makan yang sehat kolesterol dalam darah bisa dikurangi dengan melakukan olahraga aerobic atau berjalan 1000 langkah per hari. Hal ini terbukti bisa mengurangi kolesterol jahat seperti yang diungkapkan oleh pakar metabolic dan endokrinologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Demikian artikel mengenai makanan yang dilarang untuk penderita penyakit kolesterol. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Tata Cara Mendownload Lagu di Internet
Sebelumnya: Batik Indonesia Dibagi Menjadi 2 Bagian yaitu Batik Tulis dan Batik Cap
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar