Makanan yang Halal dalam Alquran


Makanan yang halal dalam AlQuran sangat sulit untuk merincikannya satu persatu. Pada dasarnya, semua rezeki yang baik adalah halal, sampai ada dalil yang mengharamkannya. Dalam Al-Quran kita bisa menemukan banyak ayat-ayat yang menjelaskan tentang makanan yang halal. Pada ayat lain juga dijelaskan mengenai jenis makanan haram yang harus dihindari.Berikut adalah beberapa ayat dalam Al-Quran yang menjelaskan tentang makanan yang halal:

Al Baqaroh ayat 57, 168, 172

Dalam ayat ini Allah menyeru manusia agar memakan makanan yang baik dan telah dianugerahkan Allah padanya. Baik di sini maksudnya adalah baik dzat-nya dan baik juga cara memperolehnya. Dalam ayat ini juga dijelaskan contoh makanan yang dihalalkan oleh Allah swt yaitu ‘manna’ (makanan manis seperti madu) dan ‘salwa’ (burung seperti puyuh).

Al Maidah ayat 1, 4, 5, 88

Dalam ayat-ayat ini Allah menyebutkan beberapa makanan yang dihalalkan, yaitu:

  • Binatang ternak, kecuali yang memang diharamkan oleh Allah swt dalam ayat tersendiri.
  • Binatang buruan.
  • Sembelihan ahli kitab.

Al An’am ayat 141, 142, 145

Makanan yang halal menurut ayat ini adalah:

  • Berbagai macam hasil kebun seperti kurma, zaitun, delima dan lain sebagainya.
  • Hewan ternak
  • Semua makanan itu halal kecuali bangkai, darah yang mengalir, daging babi, binatang yang disembelih atas nama selain Allah.

Al A’raf ayat 160, An Nahl ayat 72, 114, Al Isro’ ayat 70, Al Mukminuun ayat 51

Allah menegaskan bahwa semua rezeki baik yang dikaruniakan Allah pada manusia adalah halal. Allah memerintahkan agar manusia memakan makanan yang baik. Baik dzatnya dan baik juga cara mendapatkannya.

Al Hajj ayat 30

Allah telah menghalalkan semua jenis binatang ternak, kecuali yang telah diterangkan keharamannya dalam Al-Quran.

Demikian penjelasan tentang makanan yang halal dalam Alquran. Semoga kita termasuk hamba-hamba Allah yang bisa mengambil pelajaran dan dapat menjadikan petunjuknya sebagai satu-satunya petunjuk yang baik.

Allah melarang beberapa jenis makanan karena pada dasarnya di dalam makanan itu terkandung zat yang dapat merugikan tubuh kita. Untuk itu konsumsilah makanan yang halal, niscaya Anda akan sehat. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Edit Foto Keren Photoshop
Sebelumnya: Menyeimbangkan Hormon dalam Tubuh
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar