Beberapa Jenis Makanan yang Memicu Penyakit Asam Urat

Apa sajakah makanan yang memicu penyakit asam urat. Salah satu cara mengobati asam urat adalah dengan melakukan pengontrolan pada makanan. Dengan menghindari beberapa makanan yang dapat memicu penyakit ini jauh lebih baik dibanding mengkonsumsi obat secara terus menerus. Mengingat penyakit ini akan terus timbul jika tidak menghindari beberapa makan yang dapat memicunya.

Pilih Pola Makan yang Tepat

Loading...

Makanan yang memicu penyakit asam urat adalah makanan yang banyak mengandung purin tinggi. Purin adalah zat makanan  yang jika dikonsumsi oleh penderita asam urat dapat menyebabkan sakit di persendian.

Makanan tersebut di antaranya adalah beberapa jenis kacang-kacangan terutama kacang tanah, tempe, tahu, melinjo, bayam, kangkung, sawi, jamur, bebek, udang, kepiting, beberapa jenis ikan, seperti salmon, sarden, teri, kerang, daging kambing, jeroan, air kelapa dan makanan bersantan,  soft drink, es krim.

Ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi oleh mereka yang memiliki penyakit asam urat, makanan tersebut di antaranya adalah, banyak makan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C, seperti strawberi dan jeruk, buah-buahan lainnya yang juga baik dikonsumsi adalah alpukat dan pisang, makan sayuran di luar yang disebutkan di atas. Selain konsumsi susu dan yogurt juga baik untuk penderita asam urat.

Di samping itu, teh hijau, sidaguri, habbatussauda, dan brotowoli juga baik untuk mengurangi asam urat. Usahan sesering mungkin banyak minum air putih, hal ini baik untuk untuk mengeluarkan asam urat dari tubuh melalui urin.

Aktif secara seksual juga dapat mengurangi kelebihan asam urat, melalui hal itu dapat memperlancar produksi urin di tubuh, sehingga dapat mengeluarkan kelebihan asam urat tersebut secara alami.

Anda yang menderita asam urat tidak dianjurkan juga untuk meminum obat aspirin, akan lebih baik jika memilih jenis obat lain, agar asam urat Anda tidak meningkat.

Faktor yang Menyebabkan Asam Urat

Penyakit ssam urat itu sendiri dapat timbul bisa karena faktor pola makan, atau memang dikarenakan tubuhnya banyak memproduksi asam urat ini. Sehingga jika memakan makanan yang mengandung purin tinggi seperti di atas, sangat cepat reaksinya.

Dengan kata lain, akan jauh lebih baik jika mengatur pola makan. Tidak hanya bagi mereka yang sudah terjangkiti, namun pastinya bagi yang sehatpun menjaga pola makan jauh lebih baik, mencegah dari pada mengobati.

Beberapa makanan yang memicu penyakit asam urat di atas sebaiknya Anda kontrol untuk tidak mengonsumsinya sama sekali, bagi yang menderita asam urat, kalaupun Anda mengonsumsinya sebaiknya sudah mengetahui takaran yang baik untuk di makan seberapa banyak.

Sebab salah satu yang dapat mengurangi kesakitan ketika asam urat tinggi hanya dengan mengontrol asupan makanan ke dalam tubuh. Jika tidak, Anda akan terus menerus makan obat.

Loading...
Selanjutnya : Tujuan dan Sasaran Agrobisnis
Sebelumnya: Menyusun Menu Diet Golongan Darah A
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar