Makanan yang Mengandung Protein


Makanan yang mengandung protein tidak terlalu sulit diperoleh. Sumber protein secara umum dibagi menjadi dua, yaitu sumber protein nabati dan sumber protein hewani. Sumber protein nabati diperoleh dari bahan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Sedangkan sumber protein hewani bisa diperoleh dari bahan makanan yang berasal dari hewan dan produk olahannya.Berikut adalah beberapa contoh bahan makanan yang mengandung protein.

Daging, Susu, Telur dan Produk Olahannya

Daging, susu, telur dan produk olahannya merupakan sumber protein hewani. Daging sapi, daging ayam, kambing, dan sebagainya bisa menjadi pilihan Anda untuk mendapatkan protein hewani. Namun perlu diingat, konsumsi dagin ini perlu dibatasi, mengingat daging juga memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi.

Ikan dan Udang Segar

Ikan dan udang merupakan sumber protein hewani yang aman. Berbeda dengan daging yang cenderung memiliki kadar lemak tinggi, kandungan lemak pada ikan relatif lebih rendah dan aman.

Ikan seperti salmon dan tuna tergolong memiliki kandungan lemak yang tinggi. Akan tetapi Anda tidak perlu khwatir, karena lemak yang terkandung oleh ikan termasuk jenis lemak baik yaitu lemak omega 3 yang tidak berpotensi menimbulkan kolesterol.

Kacang Kedelai dan Produk Olahannya

Kacang kedelai merupakan sumber protein nabati yang potensial. Selain itu, kacang kedelai juga dikenal memiliki kandungan lemak yang rendah. Setiap cangkir kacang kedelai diketahui mengandung 29 gram protein. Demikian juga dengan produk olahannya seperti tahu, tempe, dan susu kedelai bisa dijadikan sebagai sumber protein terbaik.

Yoghurt

Selain mengandung kalsium tinggi, yoghurt juga diketahui mengandung protein. Oleh karena itu sangat disarankan untuk mengonsumsi minuman ini setiap hari.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan camilan sehat kaya protein. Beberapa contoh kacang-kacangan yang kaya akan protein yaitu kacang polong dan kacang almond.

Sayuran

Sayuran seperti brokoli dan bayam juga menjadi sumber protein nabati yang cukup potensial. Brokoli diketahui mengandung rata-rata 5 gram protein dalam setiap cangkirnya. Sementara bayam mengandung 3 gram protein dalam setiap cangkirnya.

Masih banyak contoh makanan yang mengandung protein lainnya seperti ikan teri, keju, dan lain sebagainya. Makanan sehat tidak perlu mahal. Makanan sederhana yang ada di sekitar kita pun sebenarnya memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Prosedur untuk Mendapatkan Modal Pinjaman di Koperasi Simpan Pinjam
Sebelumnya: Hakikat Komunikasi Antarpribadi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar