Makhluk Hidup dengan Sistem Peredaran Darah Tertutup

Makhluk hidup dengan sistem peredaran darah tertutup adalah manusia. Manusia memilik sistem peredaran darah yang cukup rumit. Namun, semua itu tentu menjadi tanda akan keagungan Allah yang menjadikan manusia berbeda dengan makhluk hidup lainnya di bumi ini.

Sistem darah manusia yang tidak mungkin diciptakan oleh manusia, dan itu seharusnya menjadi sebuah renungan untuk Anda. Tanpa adanya darah, makhluk hidup tentu tidak bisa hidup. Apalagi manusia, kambing saja butuh darah. Tanpa darah keadaan manusia akan sangat parah dan bisa saja meninggal.

Darah bertugas sebagai alat transportasi menuju bagian-bagian organ manusia seperti jantung manusia, ginjal, dan pembuluh darah, serta lainnya. Darah juga sebagai pengangkut oksigen agar bisa disebarkan ke seluruh bagian tubuh. Darah secara umum berwarna merah. Namun ada juga istilah darah putih. Dan semua yang berkaitan dengan transportasi darah di dalam tubuh manusia membentuk sistem yang dinamakan sistem peredaran darah.

Jenis Peredaran pada Darah

1.  Sistem peredaran darah besar. Sistem peredaran darah yang mendistribusikan darah dengan pola jantung kemudian seluruh tubuh dan jantung lagi.

2.  Sistem peredaran darah kecil. Sistem peredaran darah dengan pola distribusi jantung kemudian paru-paru lalu kembali ke jantung lagi.

3.  Sistem peredaran darah portal. Pola pendistirbusiannya adalah jantung kemudian sistem pencernaan lalu hati kemudian jantung lagi.

Jika dilihat dari peredaran saat pendistribusian, maka ada dua jenis peredaran darah, yaitu:

1.  Sistem peredaran darah terbuka. Sistem peredaran darah tanpa melalui pendistribusian darah ke seluruh tubuh. Secara singkatnya darah langsung menuju ke seluruh tubuh tanpa melalui transportasi dulu.

2.  Sistem peredaran darah tertutup. Yakni sistem pendistribusian darah melalui proses peredaran darah. Cotohnya adalah semua makhluk vertebrata, sehingga darah sebelum tersebar ke seluruh tubuh melalui tahapan yang harus dilalui.

Jika darah mengalami kelainan, maka akan timbul penyakit yang tidak wajar. Makanya anjuran untuk menjaga makanan atau rutin berolahraga sebenarnya memiliki tujuan pasti bagi kesehatan yaitu melancarkan peredaran darah, apalagi manusia sebagai makhluk hidup dengan sistem peredaran darah tertutup.

Selanjutnya : Mengenal Macam-Macam Benda Ruang Angkasa
Sebelumnya: Cerita Cinta Dunia Jin
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...