Makna dari Bendera ASEAN dan Artinya


ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) merupakan suatu wadah kerja sama antar negara-negara Asia Tenggara yang memiliki persamaan tujuan atau pandangan untuk menciptakan lingkungan hidup yang damai, makmur, serta dinamis.

Sebagai organisasi resmi Internasional, ASEAN memiliki atribut-atribut pendukung sebagai simbol dan bertujuan untuk mengikat erat tali persatuan antar anggota-anggotanya, serta mewujudkan cita-citanya. Ada semboyan, hymne atau lagu ASEAN, logo, serta bendera ASEAN.

Keempat atribut ini mewakili dari ciri khas masing-masing anggotanya serta membawa misi dan makna tersendiri. Salah satunya seperti yang tercermin dalam makna dari bendera ASEAN dan artinya.

Asosiasi negara-negara Asia Tenggara ini didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok dan dipelopori oleh 5 negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Saat ini keanggotaan ASEAN berjumlah 10 negara, selain 5 negara pelopor ASEAN, di tambah pula bergabungnya 5 negara lain, yaitu Brunai Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja.

Dalam melaksanakan program-program kerja ASEAN, dihimpun dalam suatu badan administratif, yaitu sekretariat ASEAN yang berkedudukan di Jakarta. Bendera ASEAN diciptakan sebagai simbol organisasi Internasional negara-negara di Asia Tenggara yang bersifat non politik.

Bendera ASEAN resmi digunakan pada bulan Juli 1997. Bendera ASEAN di rancang dengan berbentuk empat persegi panjang dengan dasar berlatar warna biru, ditengahnya bergambar lambang sepuluh padi berwarna kuning, dan dilingkari warna merah, serta warna putih sebagai lingkaran terluarnya.

Spesifikasi ukuran bendera untuk penempatannya berbeda-beda. Seperti bendera ukuran meja adalah 10cm x 15cm, bendera ruangan, yaitu 100cm x 150cm, bendera untuk kendaraan dinas adalah 10cm x 30cm, serta bendera khusus luar ruangan adalah 200cm x 300cm.

Bendera dengan lambangnya ini ditetapkan berdasarkan piagam ASEAN. Warna-warna pada bendera Asian ini diambil dari warna bendera nasional para anggota ASEAN. Warna ini pun memiliki arti tersendiri, di mana dasar warna biru melambangkan sikap yang damai dan stabil, merah melambangkan semangat keberanian dan bergerak dinamis, putih melambangkan kemurnian, serta kuning merupakan lambang kejayaan.

Sedangkan sepuluh batang padi tersebut mempresentasikan sepuluh anggota ASEAN.
Dapat disimpulkan bahwa makna dari bendera ASEAN dan artinya adalah cita-cita sepuluh anggota ASEAN yang ingin mewujudkan lingkungan Asia Tenggara yang damai dan stabil, memiliki sikap keberania, selalu bergerak maju disertai dengan niat yang tulus untuk meraih kemakmuran bersama.

Selanjutnya : Jenis-jenis Novel dan Contohnya
Sebelumnya: Makna dan Tafsir Huruf Hijaiyah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar