Ajaran Makna Kasih Sayang Menurut Agama Islam


Apa makna kasih sayang? Semua orang pasti pernah merasakan kasih sayang, bahkan ikut merayakannya saat hari valentine tiba. Mencintai berarti akan mengasihi, bila sudah mengasihi, maka timbul rasa sayang, dan bila sudah sayang pasti akan mencintai dengan cara abadi.

Kasih Sayang

Banyak orang menyatakan cinta dan kasih sayang  dengan cara yang berbeda, bahkan ada yang memaknai dengan salah kaprah. Bagaimana makna kasih sayang? Terutamanya dalam pengertian dan tindakan yang benar menurut agama Islam karena agama Islam adalah agama yang di rahmati Allah SWT.

Saling mengasihi dan menyayangi sangat luas maknanya. Kasih sayang itu tidak hanya diperuntukkan bagi hubungan asmara saja. Tetapi, juga saling mengasihi antar sesama saudaramu, makhluk Tuhan lain, dan juga lingkungan sangat diperlukan. Seperti seruan Nabi Muhammad dalam hadist riwayat Ath-Thabrani, “Kasih sayang itu tidak terbatas pada kasih sayang salah seorang di antara kalian kepada sahabatnya (mukmin), tetapi bersifat umum (untuk seluruh umat manusia)”.

Rasullah pun dalam ajarannya pernah menekankan bahwa umat muslim belumlah beriman bila tidak saling mengasihi antar sesama makhluk-Nya. Bahkan hubungan kasih sayang antara laki-laki dan perempuan pun telah diatur dengan indahnya dalam QS Al-Hujuraat 49 : 13, dan sesuai dengan janji Allah, yaitu“Hai manusia, sesungguhnya Kami menjadikan kamu dari seorang laki-laki dan seorang wanita, dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya saling mengenal.

Sesungguhnya orang mulia di antara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui Lagi Maha Mengenal.” (Q.S. Al-Hujuraat 49:13).

Orang yang memiliki sifat kasih sayang selalu mendapat balasan dari Allah SWT karena sifat yang dimilikinya sama dengan salah satu sifat Allah SWT, yaitu Arrahman dan Arrahim (Maha Pengasih lagi Maha Penyayang). Untuk itu, tidak ada kesia-siaan apabila manusia mengedepankan Allah dalam cinta dan kasihnya, lalu mencintai orangtuanya, mencintai pasangannya, kemudian anak-anaknya dan makluk lainnya.

Niscaya, orang itupun akan mendapat kasih sayang berkelimpahan. Selain itu, dicukupkan kebutuhan serta diselamatkan kehidupan dunia akhiratnya.

Orang yang saling menghargai kepada makhluk lain, selalu mengerti makna kasih sayang sesungguhnya. Orang yang mencintai agamanya akan mengerti hakekat kasih sayang yang sejati. Karena kasih sayang tidak hanya diumbar dalam kata, tetapi juga dimaknai secara benar sesuai dengan pandangan Islam.

Selanjutnya : Materi untuk Les Mengenai Pecahan Kelas 5 SD
Sebelumnya: Materi untuk Les Komputer Tentang MsExcelDoc
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar