Makna Kebudayaan Bagi Bangsa


Indonesia terkenal akan berbagai macam kebudayaan daerahnya. Meskipun bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku daerah dan beraneka ragam budayanya, tetapi itulah ciri khas bangsanya. Kebudayaan daerah inilah yang akhirnya memperkaya kebudayaan nasional.

Hal ini pun tercermin dalam semboyan Bhineka Tunggal Ika, yaitu berbeda-beda tetapi satu jua. Semboyan ini tentu tidak terlahir begitu saja tanpa perjalanan sejarah yang panjang. Pengetahuan dan penyatuan budaya daerah merupakan tonggak keberhasilan pembangunan bangsa Indonesia. Diperlukan pemahaman yang baik tentang makna kebudayaan bagi suatu bangsa.

Istilah kebudayaan di ambil dari bahasa Sanskerta, yaitu buddhayah yang berarti akal budi. Istilah ini dikaitkan dengan pikiran dan perilaku manusia. Pendapat ahli menyatakan bahwa budaya adalah suatu cara yang dimiliki bersama segolongan orang untuk hidup berkembang yang kemudian diwariskan secara turun temurun.

Sedangkan menurut sosiologi Indonesia, Selo Sumardjan dan Soelaiman Soemardi, definisi kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat. Terbentuknya kebudayaa mendapat pengaruh dari berbagai unsur, seperti adat istiadat , bahasa, kesenian, agama, dan politik yang dimiliki daerah setempat. Kebudayaan pun bersifat kompleks, luas, statis, atau pun luwes mengikuti perkembangan zaman.

Berdasarkan berbagai definisi kebudayaan tersebut, dapat disimpulkan bahwa makna dari kebudayaan adalah sebuah karya nyata manusia yang memiliki ide, rasa dan penghayatan manusia terhadap pengetahuan, perkembangan zaman, serta keluwesan terhadap perubahan sistem kehidupan.

Meskipun kebudayaan terasa seperti abstrak, namun wujud nyata kebudayaan itu dapat dilihat dan dinikmati oleh manusia serta dapat dipelajari oleh pelaku budaya lainnya. Wujud budaya tersebut antara lain hasil karya seni, organisasi masyarakat, bahasa, tingkah unik perilaku manusia.

Meskipun kebudayaan dapat dipelajari satu sama lainnya dan juga mudah dipengaruhi unsur luar, hendaknya kaaslian budaya selalu terjaga. Seperti yang kita tahu, bahwa selama ini kebudayaan Indonesia memiliki keunikan dan membawa pengaruh positif bagi kehidupan bangsa. Hal ini pun diakui oleh negara-negara lainnya, bahkan tak jarang diakui kepemilikannya oleh negara lain.

Inilah saatnya, sebagai warga negara Indonesia bangga dan menjaga kebudayaan tanah air, serta memahami makna kebudayaan bagi negara ini. Tanpa kebudayaan daerah, maka kebudayaan nasional akan hancur dan bangsa tanpa kebudayaan akan hilang pula identitas suatu bangsa.

Selanjutnya : Makna Lempar Jumroh Saat Berhaji
Sebelumnya: Orang yang Menyanyikan Lagu Indonesia Raya Saat Kemerdekaan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar