Makna Lambang Koperasi dalam Perekonomian Indonesia


Perubahan lambang Koperasi Indonesia masih belum diketahui masyarakat luas. Kebanyakan yang dipampang koperasi-koperasi yang penulis temui memakai lambang koperasi yang lama. Perlu diingat kembali, pengertian koperasi adalah usaha yang dimiliki dan dijalankan oleh anggotanya untuk kepentingan semua anggota.

Landasan koperasi sendiri berdasarkan prinsip gerakan ekonomi kerakyatan yang berasaskan kekeluargaan. Makna lambang koperasi dalam perekonomian Indonesia memiliki arti yang berbeda, meski gerakan kerakyatan dalam memajukan perekonomian masih sama.

Indonesia memiliki UU No. 25 tahun 1992 tentang prinsip-prinsip koperasi. Di lambang koperasi lama terdapat gambar rantai/gerigi roda, padi dan kapas, timbangan, beringin, dan bintang. Warnanya mewakili makna masing-masing yang membawa identitas koperasi Indonesia sudah banyak diketahui.

Untuk makna lambang Koperasi Indonesia yang baru disesuaikan dengan Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah No. 02/per/M.UMKM/IV/2012 yang dikeluarkan tanggal 17 April 2012 tentang penggunaan lambang koperasi Indonesia.

Dengan gambar empat kuntum bunga teratai yang bertuliskan “Koperasi Indonesia” memiliki makna sebagai berikut: bunga teratai memberi pengertian perkembangan dan kemajuan Koperasi Indonesia yang berarti bahwa koperasi yang dijalankan tersebut harus terus mengalami perkembangan, memiliki wawasan luas, masa depan yang cemerlang, selalu berinovasi, produktif, dan memiliki orientasi dalam keunggulan dan teknologi.

Gambar empat arah mata angin bermakna gerakan Koperasi Indonesia harus menyalurkan aspirasi, menjadi dasar perekonomian nasional yang berasaskan kerakyatan, menegakkan prinsip dari nilai-nilai kebersamaan, kemandirian, dan demokrasi yang selalu menuju keunggulan dalam persaingan dunia global.

Sementara makna dari tulisan “Koperasi Indonesia” yang merupakan identitas lambang itu sendiri menyiratkan kesan yang dinasmis dan modern. Selain itu, mengesankan pula gambaran perkembangan yang terus melaju dan menyesuaikan dengan perubahan zaman yang mencerminkan semangat tinggi perekonomian.

Tulisan dibuat sejajar dan berkesinambungan menyiratkan adanya ikatan kuat dalam Koperasi Indonesia antara Koperasi Indonesia dan anggotanya. Makna dari warna pastel memberi kesan teduh sekaligus berwibawa, menyiratkan adanyanya unsur kesabaran, kemauan, kemajuan, dan adanya personality power terhadap peningkatan rasa percaya diri dan rasa bangga atas pelaku ekonomi lainnya.

Makna lambang koperasi dalam perekonomian Indonesia menunjukkan falsafah hidup berkoperasi yang digambarkan dalam gambar-gambar di dalamnya.

Selanjutnya : Ragam Macam dan Fungsi Alat Ukur
Sebelumnya: Daftar Peringkat Universitas di Indonesia Berdasarkan Akreditasi BAN-PT
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar