Memahami Makna yang Terkandung dalam Bendera Merah Putih


Bangga pada makna bendera kebangsaan merupakan sebuah kewajiban mutlak yang harus dimiliki oleh warga negara Indonesia. Sebagai warga yang baik, kita perlu mengerti dan memahami makna yang terkandung dalam bendera merah putih.

Bendera Merah Putih

Pertama yang perlu kita ketahui adalah pencipta bendera ini, beliau adalah Ibu Fatmawati. Dengan keahlian menjahitnya, Ibu Fatmawati membuat bendera bersejarah karena menjadi bendera pertama yang berkibar di hari kemerdekaan bangsa Indonesia. Seperti yang kita ketahui, pengibar pertama bendera bersejarah tersebut adalah Ilyas Karim.

Bendera merah putih banyak menyimpan makna, perjuangan para pahlawan dan pengorbanan mereka terukir dalam warna bendera kita. Ketika kita duduk di bangku Sekolah Dasar, dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, guru kita pernah menjelaskan tentang makna warna bendera merah putih. Warna merah melambangkan keberanian dan warna putih melambangkan kesucian.

Pemberian warna dan lambang tidak semata-mata berdasarkan kesukaan saja. ada banyak hal yang terkandung di dalamnya. Warna merah dipilih dengan pertimbangan adanya perjuangan para pahlawan ketika merebut kemerdekaan dari penjajah.

Tidak mudah untuk mendapatkan kemerdekaan itu. Para penjajah dengan semena-mena memperlakukan rakyat Indonesia dan mengeksploitasi kekayaan alamnya. Para pejuang dengan gagah dan pantang menyerah terus berusaha merebut kemerdekaan.

Mereka rela berkorban hingga titik darah penghabisan. Dengan senjata sederhana melawan penjajah dan keberanian serta tekad yang luar biasa, akhirnya para pejuang berhasil merebut Indonesia dan mengusir penjajah keluar dari Indonesia. Darah yang tumpah di tanah air merupakan bukti kecintaan dan keberanian pejuang pada Indonesia, mereka rela kehilangan nyawa demi kemerdekaan.

Warna putih dipilih dengan dasar harapan pada bangsa. Pejuang berharap rakyat Indonesia dapat menghargai bangsanya dan mencintai bangsa dengan tulus. Cinta yang tulus akan menimbulkan rasa bangga dan keinginan untuk menjaga kelestarian kemerdekaan bangsa.

Secara keseluruhan, makna warna merah dan putih melambangkan raga dan jiwa manusia yang tidak dapat dipisahkan. Itu artinya kita wajib mencintai tanah kelahiran kita, Indonesia. Hal terkecil yang dapat dilakukan oleh kita untuk bangsa ini adalah dengan menjadi warga negara yang baik, taat pada peraturan yang berlaku dan landasan negara yang dianut.

Setelah mengetahui makna yang terkadung dalam bendera merah putih, semoga kita dapat lebih mencintai negara kita ini. Bangga dengan kekayaan dan keindahan alamnya sehingga mendorong kita untuk menjaganya.

Selanjutnya : Manfaat Seni dan Budaya
Sebelumnya: Cara Tradisional Suami Agar Cepat Dapat Anak
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar