Maksud dan Tujuan dalam Menulis Surat


Ada berbagai maksud dan tujuan dalam menulis surat. Dalam dunia kerja formal, tujuan menulis surat dapat berupa penawaran produk, pengajuan tender, pengajuan proposal, melamar pekerjaan, pemberitahuan panggilan kerja, dan lain-lain. Selain untuk urusan formal, tujuan surat-menyurat dalam kehidupan sehari-hari dapat juga diperuntukkan untuk menjalin silaturahmi antarteman, saudara, sanak famili, atau juga mengirim rayuan maut untuk pacar.

Menulis Surat

Dalam menulis surat formal, sebaiknya diketik dan tidak bertele-tele. Ketika mengajukan penawaran, sebelumnya perkenalkan nama dan perusahaan Anda, kemudian lampirkan juga informasi mengenai produk-produk yang ditawarkan. Jangan lupa mencantumkan kontak Anda yang dapat dihubungi. Hal ini berlaku juga pada pengajuan tender dan proposal.

Bagi Anda yang sedang mencoba peruntungan untuk mencari pekerjaan, pada surat lamaran ada baiknya menjelaskan sekilas mengenai pengalaman dan keahlian walaupun hal tersebut juga sudah dijelaskan secara rinci pada resume yang dilampirkan. Pada paragraf awal surat lamaran, langsung saja ungkapkan posisi yang diinginkan dan referensi dari mana memperoleh informasi adanya lowongan tersebut.

Pada surat yang tidak formal, alias surat untuk teman atau sanak famili, masih boleh menggunakan tulisan tangan agar terasa lebih pribadi. Tetapi bagi yang terbiasa menggunakan komputer tak ada salahnya juga mengetik surat.

Di zaman modern ini enaknya memang surat dapat dikirim secara elektronik menggunakan email. Tetapi, surat melalui jasa layanan pos juga masih ada. Cara ini efektif untuk tujuan daerah-daerah pelosok yang belum tersentuh internet ataupun jaringan telepon seluler.

Zaman dahulu, sebelum ada jasa layanan pos, burung merpati adalah hewan yang diandalkan untuk menyampaikan pesan. Tentu saja surat tidak dimasukkan ke dalam amplop besar untuk dibawa si burung. Isi surat terbatas karena surat itu disampaikan dengan mengikat gulungan kertas pada kaki burung.

Di masa kanak-kanak dahulu, sempat ada istilah sahabat pena. Biasanya, ini adalah jenis pertemanan yang dijalin dengan berkirim surat. Bisa saja mereka belum pernah saling jumpa sebelumnya.

Unik ya, seseorang bisa saling mencurahkan hati atau mengobrol macam-macam dengan seseorang yang belum pernah ditemui. Satu sama lain awalnya berkenalan dengan pengumuman nama dan alamat sahabat pena di suatu majalah. Jadi, saat ini maksud dan tujuan dalam menulis surat kamu apa?

Selanjutnya : Malaikat Penjaga Surga dan Neraka
Sebelumnya: Makna Perang Setelah Merdeka
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar