Pengertian, Tujuan dan Maksud Etiket Sosial

Apakah maksud etiket sosial? Dari segi definisi, etika atau sebagian pihak menyebut etiket sosial adalah sebuah tatanan yang secara khusus mengatur perilaku seseorangterkait dengan cara dia bergaul dengan lingkungan di sekitarnya. Aturan ini secara langsung berkaitan erat dengan norma kesopanan, yaitu yang boleh dan tidak boleh dilakukan serta mengenai apa yang harus dilakukan oleh orang tersebut.

Meski demikian, aturanmengenai etika sosial ini lebih bersifat normatifsehingga tidak tertuang di dalam hukum formal.Oleh sebab itu,tidak ada indikator atau tolok ukur yang pasti terkait hal tersebut. Di samping itu, setiap daerahakan memiliki etika sosial yang berbeda – bedakarena perimeter tentang makna etiket sosial yang dipergunakan juga berbeda – beda.

Cara Beretiket Sosial

Etika sosial yang parameternya berbeda – beda di setiap daerahtidak jarang menimbulkan pergesekan atau masalah. Oleh karenanya, sangatlah penting bagi setiap individu untuk dapat memahamicara dan maksud etiket sosialyang berlaku di daerah atau wilayah lain dengan cara:

  • Mempelajari etiket sosial sebuah daerahdengan menggunakan literature yang dapat ditemukan seperti media massa, buku, maupun internet.
  • Bersikap rendah hati dan menghindarkan diri dari sifat dan sikap sombong ketika memasuki daerah tersebut. Cara tersebut akan membuat kita dapat diterima dengan mudah dan meminimalisir terjadinya pergesekan.
  • Menggali informasi kepada masyarakat sekitar mengenai kearifan lokal daerah mereka.
  • Membaur dengan kehidupan masyarakat daerah tersebut termasuk ikut menjadianggota organisasikemasyarakatan yang ada di sana.

Etika Sosial yang Harus Dijaga

Secara garis besar, etika atau etiket sosial memiliki empat pilar penting yang harus selalu dijaga, yaitu:

1. Berbagi

Sebagai makhluk sosial, kita harus rela dan bersedia untuk berbagi dengan masyarakat. Apa yang kita bagi tidak harus selalumateri karena masyarakat lebih membutuhkan senyum, sapa dan keramahan yang kita miliki.

2. Mengakui

Masyarakatmenginginkan adanya pengakuan dari setiap individu termasuk kita.Pengakuan akan sesuatu yang luar biasa tentunya akan menumbuhkan semangat yang pada akhirnya akan memberikan dampak positif, baik itu kepada masyarakat maupunsetiap individu yang terdapat di dalamnya.

3. Partisipasi

Adanya partisipasi dari segenap anggota masyarakat akan menghasilkan suatu kerukunan di dalam masyarakat tersebut.Hal itu sekaligus akanmengeliminir terjadinya pergesekanantarindividu di dalam masyarakat. Ketika segala sesuatu dikerjakan secara bersama – sama, maka hasil yang dituai akan jauh lebih baik.

4. Menerima

Sangatlah penting untuk selalu menerima apa yang ada dan diberikan oleh masyarakat kepada kita.Setiapgrup atau masyarakat tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing danitu harus kita terima sebagai wujud keberagaman.Yang menjadi tugas kita sekarang adalahmengupayakan segala usaha untuk membangun sebuah tatanan masyarakat yangrukun dan damai sebagai tujuan danmaksud etikasosial.

Dengan memahami maksud etiket sosial dan bagaiamana menjaganya, tentunya kita dapat menjadi salah seorang yang beretika dan dipandang lebih baik di mata masyarakat.

Selanjutnya : Surat Berhenti Kerja Sementara
Sebelumnya: Makna Tarian Tradisional Nusantara
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...