Malaikat Penjaga Surga dan Neraka


Malaikat penjaga surga dan neraka? Umat Islam memercayai adanya hari kiamat dan kehidupan lain setelah kematian. Setelah ajal menjemput seorang muslim, ia akan dikuburkan. Jika hari kiamat telah datang, maka seluruh manusia akan dikumpulkan di padang mahsyar untuk menunggu dihitungnya amal manusia.

Jika perbuatan baiknya lebih banyak daripada perbuatan yang tidak baik, maka ia akan berada dalam surga beserta kenyamanan dan kesenangan hidup. Akan tetapi, jika amal kebaikannya ternyata sedikit dan keburukannya lebih besar, maka tempat kembalinya adalah neraka dengan berbagai siksaan sebagai pembalasan yang sangat mengerikan. Di pintu neraka dan surga ada malaikat penjaganya, siapa malaikat penjaga surga dan neraka tersebut?

Malaikat adalah makhluk ciptaan Allah yang diciptakan dari cahaya. Malaikat tidak pernah berbuat dosa dan pertentangan. Malaikat akan selalu tunduk dan patuh kepada Allah, Sang Pencipta alam. Apa yang Allah perintahkan selalu didengar dan dipatuhi. Malaikat sangat berbeda dengan manusia. Malaikat tidak tidur, tidak makan, dan tidak menikah, dan tidak melakukan perbuatan-perbuatan kemanusiaan.

Malaikat yang wajib diyakini dan diketahui oleh manusia ada 10 jumlahnya. Kesepuluh malaikat tersebut memiliki tugasnya masing-masing. Seperti penyampai wahyu yang dipegang oleh malaikat Jibril atau pembawa rejeki oleh malaikat Mikail. Ada malaikat pencabut nyawa dan ada juga malaikat yang menjaga surga dan neraka.

Malaikat Penjaga Surga

Malaikat penjaga surga adalah malaikat Ridwan. Surga merupakan tempat yang Allah sediakan untuk orang-orang mukmin yang beriman dan bertakwa kepada Allah. Para penghuni surga selalu mengerjakan apa yang diperintah Allah sesuai dengan aturannya dan menjauhi semua larangan Allah. Mereka selalu berbuat amal kebaikan.

Selalu mengerjakan ibadah, seakan-akan ia akan mati esok hari dan mengerjakan pekerjaan keduniawian seolah-olah ia akan hidup selamanya. Dalam surga terdapat berbagai kenikmatan yang tidak pernah terbayangkan oleh kita.

Malaikat Penjaga Neraka

Malaikat penjaga neraka adalah malaikat Malik. Neraka merupakan tempat yang disediakan oleh Allah untuk mereka yang ingkar terhadap kebenaran Allah dan rasul-Nya, orang yang kafir dan berpaling dari kebenaran Islam, orang yang lalai terhadap perintah Allah, dan bagi mereka yang tidak yakin akan kebenaran agama Islam, sehingga ia bersikap munafik. Neraka bagi mereka yang menjadikan iblis sebagai Tuhan mereka dan neraka adalah seburuk-buruknya tempat kembali.

Demikian informasi seputar surga dan neraka serta malaikat penjaga surga dan neraka.

Selanjutnya : Menjaga Kesehatan Rambut dan Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering
Sebelumnya: Maksud dan Tujuan dalam Menulis Surat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar