Peran Manager Operasional


Peran manager operasional dalam suatu perusahaan atau organisasi memiliki tugas yang sangat penting, hal ini mengingat bahwa perusahaan atau suatu unit organisasi dapat terus berkembang dan berjalan dengan baik bergantung pada sistem manajeman di dalamnya. Hal ini menjadi tugas manager operasional untuk dapat mencapai keberhasilan sesuai yang diharapkan dan ditargetkan oleh perusahaan, meski dalam pelaksanaannya semua orang dalam perusahaan ikut berperan serta, akan tetapi semua kendali manajeman ada di tangan manager operasional.

Peran manager dalam proses operasional baik itu bersifat proses produksi barang maupun jasa, semua atas persetujuan dari manager operasional dengan menimbang baik dan buruknya, yang kemudian akan dirapatkan dengan dewan direksi perusahaan.

Pada pelaksanaan kerjanya manager operasional dalam menentukan rencana strategi akan melibatkan orang-orang dalam perusahaan yang memiliki job description sesuai fungsinya masing-masing agar pencapaian target dapat dicapai secara maksimal. Perlu diketahui  pula bahwa sistem operasional yang sehat akan memberi dampak yang baik bagi pencapaian target perusahaan dan hal ini juga merupakan bagian dari peran manager operasional untuk dapat menciptakan team yang kuat dan bekerjasama dengan baik.

Pengawasan manager operasional terhadap proses pelaksanaan kerja, turut aktif membantu dalam pelaksanaan kerja akan membuat para pekerja merasa diperhatikan, mengawasi sejauh mana target yang telah dicapai dan hal itu juga bagian kecil dari peran seorang manager operasional.

Peran manager operasional dalam suatu manajemen perusahaan maupun unit organisasi harus mampu membuat perencanaan yang matang dan mengelompokkannya ke dalam unit-unit kerja yang pada pelaksanaannya memiliki tujuan yang jelas apa yang akan dicapai dan memiliki strategi yang tepat dalam pencapaian tujuan tersebut. Memperhatikan pula apa yang dibutuhkan dan menduga-duga kemungkinan hambatan yang akan dihadapi dan cara mengatasinya, ini merupakan tanggung jawab manager operasional dalam mengambil keputusan secara tepat, sehingga dalam pelaksanaannya dapat berjalan secara maksimal dan penacapaian tujuan sesuai harapan.

Seorang manager operasional pun sewaktu-waktu perlu mengadakan evaluasi terhadap kerja yang sudah berjalan maupun dalam penyelesaian jika sewaktu-waktu dalam pelaksanaan kerja di tengah-tengah mengalami hambatan dan manager operasional harus cepat tanggap, sehingga dapat menentukan strategi lain dan mengetahui penyebab terhambatnya pelaksanaan kerja, mengupayakan agar pelaksanaan terus berlanjut dan sesuai target. Peningkatan dan penurunan perusahaan ada dalam pengelolaan manajemen yang baik dan merupakan peran manager operasional.

Selanjutnya : Mengetahui Tugas Dari Administrasi Staff
Sebelumnya: Membuka Usaha dengan Modal Awal 200 Juta
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar