Manfaat Air Hujan dalam Kehidupan


Lihat Indonesia, negeri yang subur dipenuhi hutan-hutan lebat. Kesuburan negeri ini disebabkan  di antaranya faktor curah hujan yang cukup. Ya manfaat air hujan begitu terasa bagi kehidupan. Tanpa air, bumi akan menjadi planet yang tak berpenghuni.

Bila Anda berkesempatan ke Timur Tengah atau ke negeri-negeri yang curah hujannya rendah, maka Anda akan melihat tanah yang gersang, minimnya tumbuh-tumbuhan, gunung-gunung gundul dan gurun pasir. Pemandangan seperti itu seolah-olah tidak berpenghuni.  Sudah sepantasnya kita bersyukur atas air yang turun di negara kita ini.

Air hujan dapat menyulap hamparan padang pasir menjadi taman hijau, menghidupkan wilayah gersang, dan menyejukkan hawa-hawa panas. Hujan adalah rahmat yang dianugerahkan Allah SWT kepada makhluk-Nya. Negeri-negeri dengan curah hujan tinggi akan memiliki kekayaan tumbuh-tumbuhan yang beragam serta jenis-jenis hewan yang beragam, seperti negara kita, Indonesia. Ini adalah bukti, hujan merupakan rahmat bagi makhluk.

Oleh sebab itu, benar apa yang difirmankan Allah SWT dalam Alquran. Berikut bunyinya:

Manfaat Air Hujan

Air hujan adalah air bersih dan juga sehat. Anda dapat mengonsumsi air hujan tersebut. Ketika hujan turun, siapkan ember atau wadah yang dapat menampung air hujan. Tampunglah di tempat yang terbuka, bukan melalui talang dan sebagainya kira-kira 10 menit setelah hujan turun. Air hujan siap dikonsumsi. Namun lebih baik dimasak terlebih dahulu, untuk memastikan bahwa kuman dan bakteri benar-benar steril.

Air hujan itu adalah rahmat bukan musibah. Namun di negeri kita ini malah terkadang sebaliknya, hujan datang malah mengakibatkan banjir. Musibah ini bukan karena hujan tapi karena manusianya yang telah merusak ekosistem dan ketidakmampuan dalam mengatasinya. Contoh paling sederhana adalah membuang sampah yang tidak pada tempatnya. Sampah dapat menyebabkan saluran tersumbat sehingga air hujan tidak dapat mengalir dengan lancar dan tentu saja menyebabkan banjir.

Manfaat air hujan bagi kehidupan tidak dapat dibantah. Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan, penelitian tentang air hujan layak dilakukan, sehingga nantinya dapat dimanfaatkan bagi kepentingan-kepentingan lainnya.

Selanjutnya : Cara Membuat Puding Bayi yang Praktis Sesuai Usia
Sebelumnya: Cara Menciptakan Suasana Romantis Bersama Suami
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar