Manfaat Bakteri Aerob Pada Pengolahan Limbah Cair

Apakah Anda mengetahui manfaat bakteri aerob pada pengolahan limbah cair? Bakteri tersebut adalah bakteri yang sangat penting keberadaannya dalam proses pengolahan limbah cair. Kumpulan dari bakteri aerop adalah ecobat. Ecobat mempunyai fungsi utama yakni sebagai pengurai limbah. Bakteri ini secara alami terdapat dalam tanah.

Manfaat Bakteri Aerop

Tidak semua bakteri membuat dampak negatif, ada pula bakteri yang membuat dampak positif, yakni bakteri aerop. Bakteri aerop yang terkumpul di dalam ecobat mempunyai beberapa fungsi, yakni sebagai berikut.

  1. Bakteri ini dapat digunakan untuk mempercepat terjadinya proses fermentasi pada aor limbah organik. Limbah organik yang dimaksud adalah limbah organik yang sudah terlarut di dalam air.
  2. Bakteri aerop dapat digunakan untuk menurunkan kadar tertentu di dalam limbah. Kadar yang dapat diturunkan yakni kadar BOD, COD, dan TSS.
  3. Bakteri aerop dapat digunakan untuk mengurai bau yang tidak enak yang muncul dari dalam air limbah. Bau yang dapat dikurangi yakni bau  H2S, amoniak, serta bau-bau yang lain.
  4. Bakteri aerop dapat digunakan untuk mentralkan Ph yang ada di dalam air.
  5. Bakteri aerop dapat digunakan untuk menekan pertumbuhan bakteri patogen seperti halnya bakteri ecoli.

Manfaat Bakteri Aerop Pada Pengolahan Limbah Cair

Bakteri aerop dapat digunakan untuk membantu pengolahan limbah cair, seperti yang telah disebutkan di atas. Limbah cair termasuk limbah yang digunakan dalam berbagai sektor. Limbah cair banyak digunakan pada rumah tangga, indutri besar atau pun kecil, pasar, swalayan, rumah makan dan masih banyak lagi. Untuk itu diperlukan bakteri aerop yang dapat berfungsi untuk mempercepat mengolahan limbah cair agar mudah terurai.

Pengolahan limbah dengan menggunakan bakteri aerop mempunyai banyak manfaat. Berikut ini adalah manfaat dari pengolahan limbah cair.

1. Lingkungan menjadi lebih bersih

Jika limbah cair dapat teratasi dengan menggunakan bakteri aerop, maka lingkungan pun menjadi lebih bersih. Bakteri jahat dapat berubah menjadi bakteri yang baik jika lingkungan menjadi lebih bersih.

2. Mengurangi pencemaran lingkungan

Air limbah dapat menyebabkan pencemaran lingkungan. Oleh karena itu diperlukan pengolahan air limbah agar pencemaran lingkungan semakin berkurang.

3.  Menjaga air tanah

Jika bakteri jahat hilang, maka air tanah pun akan terjaga.

Itulah manfaat bakteri aerop pada pengolahan air limbah yang ada di berbagai lingkungan.

Selanjutnya : Rahasia Trik Sederhana Bermain Catur
Sebelumnya: Suhu Udara untuk Hamster Hidup Sehat dan Nyaman
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini