Menenangkan Hati Dengan Manfaat Bertobat

Banyak manfaat bertobat yang dapat kita rasakan jika kita benar-benar bertobat dan tidak melakukan kesalahan yang sama. Namun manusia tidak akan pernah luput dari salah sehingga bertobat harus dilakukan setiap hari. Apa saja manfaat tobat untuk kita? Berikut kami sajikan beberapa manfaat tobat untuk hati dan jiwa kita.

Manfaat Taubat

Pengertian tobat atau taubat secara garis besar adalah menyesali perbuatan negatif yang dilakukan dan berniat dalam hati untuk tidak lagi mengulanginya sehingga memilih jalan kembali pada Allah. Taubat memiliki manfaat untuk kehidupan kita, antara lain:

a. Hati yang damai. Dengan bertaubat, hati kita akan menjadi lebih damai karena merasakan kedekatan dengan Allah. Allah sebenarnya dekat dengan kita lebih dekat dari urat nadi di leher. Sebab itulah jika kita merasa lebih dekat dengan Allah, hati akan merasa aman dan nyaman sehingga hati pun damai.

b. Nafsu yang terkendali. Ada peringkat nafsu negatif yang masing-masing tingkatannya dapat menimbulkan amarah dari Allah, misalnya, nafsu amarah dan nafsu maksiat. Kedua nafsu tersebut dapat dibentengi dengan upaya kita bertaubat terhadap Allah sehingga tindakan dan pikiran kita tidak menyimpang dari ajaran Allah. Dengan ajaran Allah juga kita akan membuat diri kita terlatih melakukan berbagai tindakan positif dalam kehidupan sehari-hari.

c. Doa yang diijabah. Orang yang senang bertaubat akan menjadi sahabat Allah yang dirangkul dalam cahaya-Nya. Orang yang menjadi sahabat Allah doanya tentu akan lebih cepat diijabah dibanding orang yang jauh dari Allah. Analogi keadaan ini sama dengan jika kita memiliki seorang sahabat dan seorang teman biasa, saat mereka berada dalam situasi membutuhkan pertolongan di waktu bersamaan, tentu kita akan lebih memperhatikan sahabat walaupun kita dapat menolong keduanya secara bergantian.

Cara Bertaubat

Bertaubat tidaklah sulit namun membutuhkan tanggung jawab serta keyakinan dalam hati. Dengan menyebut nama Allah yang biasa disebut istighfar, kita telah melakukan pertaubatan. Tidak hanya itu, Allah akan benar-benar menerima taubat Anda jika kita menyesali perbuatan kita dan tidak lagi mengulangi kesalahan yang sama.

Melakukan taubat jangan hanya dilandasi karena takut terhadap hukuman dari Allah namun juga harus dari hati yang paling tulus. Allah adalah Maha Penyayang dan Pemaaf, sebab itulah bagi orang yang bertaubat selalu diterima oleh Allah. Selain itu, kita juga harus bersyukur terhadap apapun situasi dan keadaan yang Allah berikan terhadap kita. Menjelek-jelekkan seseorang atau keadaan diri sendiri sama saja dengan mencela ‘keputusan’ Allah.

Demikian artikel singkat mengenai manfaat bertobat yang dapat kami sajikan. Semoga membantu untuk mencapai kasih sayang Allah sehingga kita berada di jalan yang lurus menuju surga-Nya.

Loading...
Selanjutnya : Mengenal Beragam Khasiat Minuman Jeruk
Sebelumnya: Khasiat Buah Ketapang untuk Mengobati Berbagai Penyakit
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar