Manfaat Buah Timun untuk Kesehatan

Timun masuk dalam golongan tanaman yang memiliki buah-buahan. Buah timun sering disalahartikan oleh masyarakat sebagai sayuran karena memandangnya dari segi fungsi. Padahal perbedaan mendasar antara buah dan sayur adalah dari proses terjadinya.

Buah adalah hasil dari proses penyerbukan pada bunga. Sedangkan sayuran bisa beruba bagian lain dari tanaman, misalnya akar, batang, dan daun. Umbi-umbian tergolong dalam sayuran karena merupakan akar tanaman yang dikonsumsi sebagai makanan. Nah, setelah yakin bahwa timun adalah buah, mari kita simak manfaat buah timun untuk kesehatan.

1. Mengatasi Rasa Nyeri Pada Sakit Kepala

Caranya adalah dengan mengkonsumsi beberapa iris buah timun menjelang tidur. Kandungan elektrolit, gula alami dan vitamin B pada buah timun baik sebagai asupan gizi penting dan dapat meredakan sakit kepala.

2. Merawat Kulit

Hal ini berkat kandungan buah timun yang kaya akan air, mineral, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Mineral tersebut terdiri dari kalium, magnesium, mangan dan silika. Kandungan tersebut menjadikan buah timun pentik untuk merawat kulit. Buah timun ini mempunyai efek pendingin, sifat diuretik dan pembersih yang berkhasiat bagi kulit.

Pada umumnya sari buah timun dimanfaatkan pada masker wajah, efeknya adalah membuat kulit menjadi kencang. Tingkat retensi air pun dapat diturunkan oleh kandungan asam askorbat dan asam caffeic pada buah timun. Kandungan tersebut berfungsi untuk meredakan pembengkakan pada seputar mata.

3. Mengatasi Masalah Pencernaan

Mengatasi masalah pencernaan dengan cara minum jus buah timun segar setiap hari. Biasanya masalah yang timbul pada pencernaan adalah gastritis keasaman dan maag. Jus buah timun berkhasiat untuk menangani masalah pencernaan karena kandungan serat makanan dapat menyingkirkan racun dari sistem pencernaan.

Dengan tersingkirnya racun tersebut maka proses pencernaan dapat meningkat menjadi optimal. Penyakit yang berkaitan dengan masalah pencernaan lain adalah sembelit. Mengkonsumsi buah timun merupakan cara ampuh untuk mengatasi sembelit.

4. Meredakan Sariawan

Caranya adalah dengan mengkonsumsi banyak-banyak buah timun setiap hari. Khasiat rasa dingin pada buah timun juga dapat digunakan sebagai obat untuk meredam panas sariawan.

Demikianlah penjabaran mengenai manfaat buah timun untuk kesehatan.

Loading...
Selanjutnya : Struktur Mitokondria dan Fungsi Oksidasi Mitokondria
Sebelumnya: Fungsi Metabolisme Tubuh Ketika Berolahraga
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar