Manfaat Buku Cerita Bergambar untuk Anak dan Dewasa


Buku cerita bergambar menjadi bacaan yang sangat disukai oleh anak-anak. Melihat gambar yang ada di dalamnya, membuat mereka senang akan cerita yang mereka baca atau dibacakan oleh orang tuanya. Ada banyak manfaat buku cerita bergambar untuk anak dan dewasa.

Membacakan cerita kepada anak Anda yang masih balita sangatlah baik bagi tumbuh kembangnya. Membacakan cerita bergambar kepada anak Anda bisa dilakukan setelah pulang kerja maupun menjelang tidur, karena melakukannya tidak akan memakan waktu yang lama.

Kebiasaan Membaca Sejak Dini

Membacakan anak sebuah cerita akan membuatnya belajar untuk berimajinasi. Kemudian, mengajarkan mereka arti akan cerita yang dibacakan, mendapatkan nilai positif dari sebuah cerita.

Hal lain yang juga tidak kalah penting adalah meningkatkan minat baca anak-anak. Dengan mendengar cerita yang menarik, pasti mereka ingin membaca buku lainnya agar bisa membaca ceritanya.

Dengan sendirinya, kebiasaan untuk membaca akan tertanam pada dirinya dari kecil. Tentu itu menjadi langkah yang bagus untuk mengurangi dampak teknologi yang selalu berkembang. Asal membacakan cerita bergambarnya di buku, bukan di komputer atau tablet.

Manfaat Buku Cerita Bergambar

Manfaat dari buku cerita bergambar itu dibagi menjadi dua, mendekatkan hubungan antara orang tua dan anak serta manfaat psikologis. Bagi Anda yang sudah dewasa dan anak manfaat yang bisa dirasakan bersama adalah adanya hubungan batin yang sangat kuat di antara Anda berdua.

Saat bercerita, pastinya Anda harus dekat dengan anak, bahkan harus memangkunya. Kedekatan yang terjalin ini akan menimbulkan rasa aman serta nyaman anak Anda yang masih balita, bahkan ketika usianya dekat dengan masa remaja.

Selain itu juga anak akan merasa senang karena merasa disayangi oleh orang tuanya. Jika Anda adalah orang tua yang sibuk, pasti kadang anak-anak merasa tidak disayangi karena merasa orang tua terlalu sayang dengan pekerjaan dibandingkan dirinya. Inilah cara yang tepat untuk memperbaiki semuanya.

Dengan demikian, kondisi psikologis anak akan menjadi baik. Ketika mereka besar nanti akan tumbuh menjadi anak yang percaya diri, bahkan bisa memimpin orang lain.

Ternyata banyak ya, manfaat buku cerita bergambar untuk anak dan dewasa. Maka dari itu, rajinlah untuk membacakan cerita kepada anak Anda agar perkembangannya menjadi semakin baik.

Selanjutnya : Alternatif Baik : Pembuatan Sendok Makan Aluminium
Sebelumnya: Pengaruh Perkembangan Jaman Secara Psikologis Memengaruhi Psikologi Remaja
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar