Manfaat Daging Kerang Bagi Kesehatan


Apabila mengunjungi restoran seafood atau warung tenda seafood pinggir jalan yang menyajikan hidangan laut, biasanya salah satu menu pilihannya adalah kerang. Ya, kerang memang memiliki rasa yang enak, namun ada juga ternyata orang yang alergi pada kerang. Kendati nikmat disantap, ternyata kerang pun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Nah, simak tulisan berikut ini untuk mengetahui apa saja manfaat daging kerang tersebut.

kandungan Daging Kerang

Kerang memiliki kandungan vitamin B12 atau cobalamin yang merupakan gizi penting bagi sistem kardiovaskular. Sistem kardiovaskular berfungsi sebagai alat transportasi zat antar sel. Suhu dan pH tubuh pun dapat dibantu stabilisasinya oleh sistem ini. Khasiat vitamin B23 dalam kerang dapat menjinakkan homosistein, yaitu zat kimia yang berpotensi merusak dinding pembuluh darah.

Vitamin lain yang terkandung dalam kerang adalah vitamin A. Vitamin ini sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit, mata dan pertumbuhan tulang. Selain vitamin A, kandungan kerang lainnya yang bermanfaat bagi pembentukan tulang dan gigi adalah fosfor. Fosfor dalam kerang ini juga dapat membantu tubuh mengoptimalkan manfaat dari vitamin.

Kandungan kerang lainnya adalah zat besi, potassium, protein dan asam lemak omega 3. Zat besi pada kerang sangat tinggi, bahkan melebihi zat besi pada daging sapi. Manfaat zat besi ini adalah untuk membentuk sel darah merah. Potassium dapat membantu agar tekanan darah terjaga, mengelola fungsi jantung dan juga fungsi metabolisme tubuh.

Seperti halnya zat besi, kandungan protein pada kerang juga melebihi kandungan pada daging merah. Kendati demikian, kalori yang terkandung di dalamnya rendah, mka cocok dalam pembentukan massa tubuh. Walaupun kandungan asam lemak omega 3 pada kerang cukup tinggi, namun tetap rendah lemak, sehingga baik untuk kesehatan jantung.

Tak perlu khawatir akan kandungan kolesterol pada kerang. Kebanyakan orang menganggap makanan yang enak pasti mengandung kolesterol jahat yang tinggi. Tidak demikian dengan kerang, karena kandungan kolesterol pada kerang ini memiliki kadar yang seimbang. Sehingga justru kerang dapat berkhasiat dalam menjaga keseimbangan kadar kolesterol dalam darah.

Demikianlah beberapa manfaat daging kerang bagi kesehatan, tak perlu khawatir lagi ya dalam mengkonsumsi kerang. Tetapi pastikan juga kerang tersebut dalam keadaan segar dan matang.

Selanjutnya : Struktur Organisasi Pasar Produk
Sebelumnya: Kamus Terjemahan Bahasa Indonesia ke Arab
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar