3 Manfaat dari Buah Pare dan Daun Pare bagi Kesehatan

Tak banyak orang yang tahu manfaat dari buah pare selain sebagai bahan masakan. Ternyata selain sebagai bahan masakan, buah pare memiliki manfaat untuk kesehatan. Demikian pula dengan daunnya.

Manfaat untuk Kesehatan

Buah pare yang dimasak dengan benar memiliki citarasa yang lezat. Buah pare ini biasanya disajikan dalam bentuk sajian tumisan ataupun dikukus lalu disajikan dengan saus kacang yang pedas. Meskipun rasanya pahit, buah pare yang dimasak ini memiliki manfaat untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat yang akan diperoleh jika mengkonsumsi buah pare.

1. Mengeluarkan Racun

Buah pare yang pahit membantu organ liver manusia untuk mengeluarkan racun dan juga lemak.

2. Mempengaruhi Kadar Insulin

Kadar insulin yang tinggi dalam tubuh seseorang biasanya memicu rasa lapar sehingga menjadi lebih sering makan. Dengan mengonsumsi buah pare ini, kadar insulin yang tinggi dapat diturunkan sehingga bisa mengontrol rasa lapar.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi di dalam darah, sebaiknya konsumsilah buah pare ini secara teratur. Manfaat dari buah pare bagi penderita kolesterol tinggi tak lain adalah  untuk menurunkan kadar kolesterol secara alami.

Manfaat Daun Pare

Tak hanya buah pare yang bermanfaat untuk kesehatan, daun pare pun memiliki manfaat yang sama. Berikut ini beberapa manfaat daun pare.

1. Pereda Batuk

Saat batuk menyerang, daun pare yang tumbuh di pekarangan bisa diandalkan sebagai obat pereda batuk. Caranya, ambillah 7 daun pare yang segar lalu lumatkan dengan 2 sendok air matang. Saring air hasil lumatan daun pare tersebut lalu berikan kepada penderita batuk. Lakukan langkah ini dua kali dalam sehari hingga batuk mereda.

2. Ambeien

Bagi penderita ambeien atau wasir yang ingin melakukan pengobatan alami, ambillah 5 daun pare lalu rebus dengan air bersih sebanyak seperempat gelas. Jika sudah mendidih selama beberapa lama, angkat lalu saring airnya. Siapkan segelas youghurt kemudian campurkan secara merata dengan tiga sendok air daun pare. Minum ramuan ini setiap pagi hari secara teratur untuk mendapatkan kesembuhan.

3. Penghalau Cacing Kremi

Untuk menghalau cacing kremi, siapkanlah satu genggam daun pare lalu haluskan dengan cara ditumbuk atau diblender. Tambahkan seperempat gelas air bersih lalu peras dan saring airnya. Campurkan air perasan daun pare ini dengan sedikit garam, gula merah dan jeruk nipis. Minum ramuan ini satu kali sehari selama kurang lebih satu minggu dan rasakan khasiatnya.

Nah, itulah beberapa manfaat dari buah pare dan juga daun pare. Buah pare ini cukup mudah ditemukan di pasar sayuran dan harganya pun sangat terjangkau. Tanaman pare ini juga mudah dibudidayakan. Tanaman pare bisa ditanam di pekarangan yang sempit sekalipun sebagai tanaman sayuran dan apotik hidup.

Loading...
Selanjutnya : Mengetahui Tipe-Tipe Pelukis
Sebelumnya: Sistem Ekskresi dan Tipe Saluran Air Mamalia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar