Manfaat dari Rambu-rambu Lalu Lintas bagi Pengendara


Manfaat dari rambu-rambu lalu Lintas, yang hampir di sepanjang jalan kanan-kiri bisa kita lihat itu, dapat dirasakan jika pemakai jalan ingin mengenal dan menaatinya.

Rambu-rambu lalu lintas dibuat dan ada bukan hanya sekadar tanda tanpa arti, melainkan tanda atau simbol yang memiliki arti yang penting untuk di pahami oleh setiap pengguna lalu lintas.

Rambu adalah pelengkap jalan yang berfungsi sebagai petunjuk bagi pengguna jalan. Setiap pengguna jalan pasti harus mengetahui, mengerti, dan paham dengan semua rambu-rambu yang ada saat ini. Rambu lalu lintas bukan hanya untuk membantu perjalanan, tetapi juga untuk kenyamanan dan kelancaran perjalanan Anda.

Rambu-rambu Lalu Lintas

Ada banyak jenis rambu-rambu yang terpasang di sepanjang jalan raya. Berikut adalah beberapa gambar petunjuk arah jalan, yang bermanfaat bagi pengendara kendaraan.

Gambar di bawah ini akan membantu Anda menunjukkan arah kanan, kiri, belokan, tikungan, tanjakan atau turunan jalan, sehingga dengan beberapa gambar petunjuk tersebut kita tidak akan bingung dalam berkendara.

Fungsi Rambu-rambu

Selain sebagai informasi petunjuk untuk memperlancar perjalanan kita, rambu-rambu juga membantu menertibkan kendaraan di lalu lintas, sehingga pengendara dapat mengatur sendiri kendaraannya.

Dengan demikian, arus kendaraan dapat berjalan lancar dan tertib, seperti beberapa gambar berikut ini yang sering kita lihat di jalan raya.

Sebagai warga negara yang baik tentu saja kita semua harus menaati peraturan lalu lintas, seperti tanda dilarang parkir. Selain itu, tanda lampu lalu lintas yang berfungsi untuk mengatur arus lalu lintas di perempatan jalan sering kita lihat dan warna lampu lalu lintas tersebut menjadi tanda bagi masyarakat. Lampu merah menjadi tanda untuk berhenti, hijau menandakan siap-siap dan jalan kembali, dan kuning, hati-hati.

Bagi kita yang bepergian keluar kota, rambu-rambu tersebut sangat membantu dalam perjalanan, sehingga tidak harus berhenti lalu bertanya pada seseorang. Misalnya, tanda berapa kilometer lagi ke suatu tempat, di mana ada tempat untuk makan, di mana tempat menyeberang, dan sebagainya dapat membantu kita dalam memberikan petunjuk.

Manfaat dari rambu-rambu lalu lintas ini banyak sekali. Rambu-rambu ini dibuat untuk membantu memperlancar dan menertibkan perjalanan kita. Oleh karena itu, akan sangat baik jika kita menaatinya.

Selanjutnya : Dampak Jejaring Sosial di Indonesia Baik Positif dan Negatif
Sebelumnya: Jenis-jenis Minuman yang Menyehatkan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar