Bahaya dan Manfaat Gelombang Elektromagnetik


Anda tentu sudah sering mendengar tentang gelombang elektromagnetik. Gelombang jenis ini adalah gelombang yang bisa tetap merambat walaupun tidak ada media yang umumnya digunakan untuk merambat seperti kabel, tali, dan lain sebagainya. Gelombang elektromagnetik sendiri memiliki dua sisi yang berlawanan.

Kedua sisi tersebut adalah bahaya dan manfaat gelombang elektromagnetik. Sebelumnya tentu pengetahuan akan jenis gelombang elektromagnetik ini perlu untuk diketahui. Jenis gelombang elektromagnetik di antaranya adalah gelombang radio (itulah mengapa setiap orang bisa menikmati manfaat dari radio), gelombang mikro, cahaya tampak, sinar X, Sinar Ultraviolet, Sinar Gamma, dan Sinar Inframerah.

Bahaya Elektromagnetik

Bahaya yang berasal dari gelombang elektromagnetik di antaranya sebagai berikut.

  1. Radiasi yang ditimbulkan oleh HP sangat berbahay untuk kesehatan otak. 
  1. Radiasi sinar UV-B bisa menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan kulit, memperlambat pertumbuhan dari tanaman, dan hal buruk lainnya.
  1. Wi-Fi juga bisa menimbulkan efek yang tidak baik misalnya rasa nyeri pada bagian telinga, tenggorokan, dan bagian-bagian tubuh yang berdekatan dengan barang-barang yang memakai gelombang elektromagnetik.

Manfaat Elektromagnetik

Sedangkan manfaat yang bisa dirasakan dengan adanya gelombang elektromagnetik ini adalah sebagai berikut.

  1. Sinar inframerah bisa digunakan untuk proses terapi fisik, fotografi diagnosa penyakit, dan berbagai kebutuhan bidang kedokteran lainnya.
  2. Membantu dalam komunikasi radio untuk gelombang radio. Gelombang radio membuat setiap orang bisa menikmati berbagai acara yang disajikan oleh stasiun-stasiun radio.
  3. Sinar ultraviolet dapat membantu dalam proses fotosintesis dari tumbuhan dan juga membantu dalam pembentukan vitamin D dalam tubuh manusia.
  4. Beberapa sinar sangat bermanfaat dalam dunia kedokteran di antaranya sinar X, sinar inframerah, sinar gamma, dan sinar tampak.
  5. Membantu dalam pengecekan barang di bandara (manfaat sinar X) dan mengecek asli atau tidaknya tanda tangan di bank (manfaat sinar ultra violet).

Masih banyak berbagai bahaya dan juga manfaat gelombang elektromagnetik yang lainnya. Dalam tulisan ini hanya mengulas sebagian bahaya dan manfaatnya tersebut, akan tetapi tulisan ini diharapkan bisa memberikan cukup informasi yang bermanfaat untuk para pembaca.

Selanjutnya : Singkatan Pada Chat
Sebelumnya: Semua Bisa Download Gratis Game Angry Birds untuk PC
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar