Manfaat Hewan Anoa


Anoa salah satu hewan langka yang banyak ditemui di kawasan Sulawesi Utara. Kelangkaan hewan yang suka bersembunyi di rawa-rawa ketika terdesak ini, ternyata dapat digunakan sebagai bahan pengobatan.

Tidak heran jika hewan ini mengalami kelangkaan, salah satunnya karena hasil perburuan liar yang dijual di penangkaran, dan dari penangkaran inilah anoa tersebut dikonsumsi dagingnya dan dimanfaatkan tanduknya. Apalagi, manfaat hewan anoa ini dapat dijadikan sebagai obat sakit perut.

Manfaat hewan anoa, selain diambil dagingnya, tanduk anoa digunakan untuk membuat obat gosok. Obat gosok ini didapatkan dari tanduk rusa yang sudah diproses. Pemprosesan ini cukup lama, karena memakan waktu berminggu-minggu.

Sebelum bisa digunakan, tanduk rusa diawetkan terlebih dahulu menggunakan garam agar tidak busuk. Setelah itu, tanduk dimasukkan ke dalam tungku selama hampir satu minggu lamanya.

Setelah mengalami proses pemanasan selama seminggu, tanduk rusa akan mengering dan diambillah minyak yang berwarna coklat kehitaman yang dikenal sebagai minyak gosok soko.

Anoa yang merupakan hewan langka ini, memiliki penciuman yang sangat kuat. Bahkan ketika manusia sedang berada di jarak tertentu, anoa bisa mencium bau manusia dan segera pergi melarikan diri hingga ribuan mil dari manusia yang baru saja datang tersebut.

Di balik hewan pemalu ini, anoa memiliki sisi lain yaitu sering dianggap sebagai binatang yang buas dan dapat membunuh jika dirinya merasa terganggu. Ternyata, anoa tidak seperti itu. Justru, anoa salah satu binatang yang paling tenang.

Manfaat hewan anoa, selain daging, kulit anoa pun sering dimanfaatkan untuk kerajinan. Tanduk anoa pun tidak digunakan sebagai pengobatan saja, tetapi ada beberapa tanduk anoa yang dikremasi dan dijadikan sebagai hiasan di rumah atau sekedar digunakan untuk koleksi pribadi.

R Rohana selaku kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) mengatakan bahwa dari 12 kawasan di Sumatra Utara, anoa yang hidup dikawasan konservasi ada sekitar 180 hingga 200 ekor saja. Jika dibandingkan dengan jumlah luas konservasi, maka jumlah anoa sangatlah sedikit.

Manfaat hewan anoa memang dibutuhkan oleh manusia tetapi sebagai makhluk hidup yang mencintai alam, kita harus memilih dengan baik pemanfaatan alam tersebut, salah satunya dalam memanfaatkan hewan. Kita harus saling menjaga setiap kehidupan di bumi ini dan terus berusaha untuk melestarikannya.

Selanjutnya : Klasifikasi Tanah Longsor
Sebelumnya: Android Market Cross Ad202
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar