Manfaat Internet dalam Pembelajaran


Internet merupakan salah satu media yang paling banyak diminati masyarakat untuk mencari informasi hingga saat ini. Dengan internet orang dapat mengakses informasi apapun sesuai dengan kebutuhannya.

Dalam dunia pendidikan, manfaat internet dalam pembelajaran sangat besar. Seiring perkembangan teknologi yang semakin meningkat, diharapkan internet mampu memberikan kontribusi dalam segala aspek terutama pendidikan di Indonesia.

Manfaat internet dalam pembelajaran bisa menunjang proses belajar. Saat ini untuk mendapatkan informasi tidak hanya melalui buku, koran, dan media cetak lainnya. Media elektronik lebih menjadi unggulan untuk mengakses informasi dari belahan dunia mana pun.

Informasi yang terus mengalir setiap saat sangat memudahkan kita mendapatkan informasi apapun yang diinginkan. Keunggulan utama internet terletak pada penyediaan informasi yang mencakup seluruh aspek.

Internet melengkapi sistem pembelajaran dalam pendidikan bukan untuk menghilangkan kebiasaan belajar yang sudah ada. Dengan adanya internet para siswa akan lebih semangat dalam belajar. Para siswa juga harus diajarkan untuk smenempatkan diri ketika memasuki dunia maya tersebut.

Para siswa dengan mudah mengakses informasi untuk melengkapi referensi mereka saat belajar, mengerjakan tugas, dan aktivitas pendidikan lainnya. Internet juga menunjang para pengajar saat menyampaikan materi di kelas.

Apabila saat mengajar, para pengajar memerlukan tambahan data pengajar dapat mengakses langsung internet sebagai penunjang penjelasan materi pelajaran.

Bahkan, sekarang mengumpulkan tugas sudah tidak secara manual lagi. Jika dulu mengumpulkan tugas langsung kepada guru, akan tetapi sekarang metode pengumpulan tugas melalui e-mail.

Hadirnya internet tentu mengakibatkan perubahan positif dan negatif dalam kehidupan sehari-hari bergantung bagaimana pengguna internet memanfaatkan teknologi yang ada. Apalagi jika akhir-akhir ini sering terdengar kasus kriminal yang bermula dari penggunaan internet yang tidak bijak.

Selain itu, penggunaan internet yang berlebihan juga dapat menimbulkan ketergantungan bagi penggunanya. Mengapa demikian? Biasanya pada awalnya kita berniat untuk browsing informasi, akan tetapi karena begitu luasnya akses internet yang tak terbatas, akhirnya kita ‘nyasar’ masuk situs-situs yang sebenarnya bukan menjadi tujuan utama kita.

Namun, semua itu kembali kepada individu masing-masing bagaimana mengelola aktivitas diri  ketika menggunakan internet. Semoga artikel singkat tentang manfaat internet untuk pembelajaran ini bermanfaat untuk Anda.

Selanjutnya : Teka-teki Ramalan Jawa Bulan Ini
Sebelumnya: Cara Membaca Buku Lewat Internet
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar