Manfaat Jambu Biji untuk Anemia

Jambu biji merupakan tanaman tropis yang berwarna hijau dan memiliki daging berwarna putih atau merah. Buah yang berasal dari Brasil ini masuk ke Indonesia dengan melalui Thailand. Buah ini memiliki rasa asam-manis karena memiliki banyak kandungan vitamin C. Sehingga, memberikan banyak manfaat jambu biji untuk anemia.

Penyakit Anemia

Anemia sebagai penyakit yang berpengaruh terhadap turunnya jumlah sel darah merah di dalam tubuh ini sering menjangkiti banyak umat manusia, di mana sel darah merah yang bertugas membawa oksigen di dalam tubuh ini akan dihambat karena sel darah merah menjadi berkurang. Hal ini akan mengakibatkan peredaran oksigen ke jaringan tubuh dan otak menjadi terhambat.

Hal ini mengakibatkan kepala menjadi sering merasa pusing, kesulitan berkonsentrasi, serta membuat wajah terlihat pucat, dan cepat lelah. Biasanya, orang yang menderita anemia akan mengalami gejala tubuh terasa lemah, wajah yang memucat, pusing yang terjadi sangat sering, mudah pingsan, serta perasaan menjadi lebih sensitif, dan terkadang sering marah.

Solusi Atasi Anemia dengan Jambu Biji

Sebagai salah satu solusi untuk mengatasi anemia, jambu tidak hanya mengandung banyak vitamin C, akan tetapi terdapat pula zat mineral yang sangat bermanfaat dalam membantu pelancaran dalam proses pembentukan hemogolbin sel darah merah.

Untuk konsumsi jambu ini, Anda dapat meminumnya sebagai jus segar. Selain buahnya, daun jambu biji juga dapat dibuat sebagai ramuan untuk memberi pengaruh pada pembentukan sel darah, khususnya hemoglobin.

Apabila kita lihat pada kebudayaan orang Afrika, daun jambu ini direbus terlebih dahulu, kemudian diminum airnya untuk mengatasi anemia. Selain itu, berdasarkan Penelitian di University of Calabar, dikatakan apabila jambu biji memiliki pengaruh terhadap peningkatan hemoglobin serta tidak menimbulkan efek samping pada ginjal.

Selain manfaat jambu biji untuk anemia, jambu biji juga memiliki manfaat lain. Banyaknya kandungan serat dan vitamin pada jambu biji sangat baik untuk menjaga kesehatan, terutama untuk kesehatan mata dan menjadi antioksidan.

Tidak hanya itu, daun pada jambu biji dapat dibuat menjadi obat tradisional untuk mengatasi diare dan batuk. Akan tetapi, jangan memakan bijinya karena dapat menyebabkan usus buntu.

Loading...
Selanjutnya : Pepatah Orang Belanda dan Maknanya
Sebelumnya: Kisah Kecerdasan Nabi Muhammad yang Menakjubkan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar