Manfaat Jambu Kelutuk Bagi Kesehatan

Jambu kelutuk atau jambu klutuk atau lebih akrab lagi disebut jambu biji, merupakan buah yang mudah dijumpai di Indonesia. Terdapat 2 jenis jambu klutuk yaitu jambu klutuk merah, dan jambu klutuk putih yang biasa kita temui. Manfaat jambu kelutuk atau jambu biji ini ternyata sangat banyak bagi kesehatan tubuh, sebab ia memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang cukup banyak.

Diantara kandungan nutrisi dalam jambu klutuk adalah terdapat zat besi, fosfor, thiamin, kalori, vitamin A, C, E, K, B, kalium, kalsium, lycopene, mangan, natrium, serat, beta karoten, dan masih banyak zat lainnya. Karena kandungannya yang kaya ini, jambu biji bisa disejajarkan dengan buah bergengsi seperti apel, yang juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Jambu kelutuk atau jambu bji selain dikonsumsi sebagai buah begitu saja tanpa diolah, dapat pula diolah menjadi jus yang sangat digemari oleh semua orang. Rasanya yang manis dan segar dijamin akan membuat anak-anak yang tak suka pada buah pun dengan lahap menghabiskannya.

Manfaat Jambu Biji

Anda ingin tahu apa saja manfaat kesehatan yang dikandung oleh jambu kelutuk atau jambu biji bagi kesehatan tubuh? Simak saja info di bawah ini:

  • ang paling terkenal diantara khasiat dari jambu kelutuk adalah kemampuannya membantu proses penyembuhan penyakit DBD atau demam berdarah. Pasien demam berdarah biasanya akan diberi asupan jus jambu merah secara teratur, sebab adanya kandungan berbagai nutrisi yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh pasien.
  • Jus jambu juga mampu meningkatkan produksi trombosit dalam darah, yang membuat pasien DBD lebih cepat pulih dibanding dengan pasien yang tidak mengonsumsi jus jambu merah.
  • Vitamin B pada jambu klutuk terbukti membantu melancarkan peredaran darah dan memperbaiki fungsi dari sel pada otak.
  • Folat dalam jus jambu sangat baik bagi perkembangan sel otak janin, sehingga ibu hamil yang mengonsumsi jus jambu merah sangat dianjurkan.
  • Untuk kecantikan kulit, vitamin C tinggi dalam jus jambu terbukti bisa menurunkan resiko gejala penuaan dini seperti keriput. 

Masih banyak lagi manfaat jambu kelutuk yang bisa didapatkan, jadi jangan pernah ragu mengonsumsi buah yang murah meriah tersebut. Bisa dalam bentuk olahan jus, atau dirujak segar.

Selanjutnya : Pijat Refleksi, Cara Mudah Memperlancar Peredaran di Telapak Kaki
Sebelumnya: Belajar Agama dengan Download Kata-kata Lyric Lagu Religi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...