Manfaat Jamur Merang bagi Kesehatan Tubuh Kita


Jamur merang (Vollvarella volvacea) ditemukan di wilayah tropis dan subtropis seperti Asia Timur dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Tanaman ini dijadikan jenis sumber pangan yang memiliki banyak khasiat. Bagian tubuh jamur merang yang dikonsumsi adalah tubuh buah jamur yang masih muda dan belum berkembang tudungnya. Biasanya, jamur merang berbentuk bulat seperti telur dan memiliki warna cokelat gelap sampai keabu-abuan.

Jamur merang dapat hidup dan bertahan pada suhu 30 – 38 derajat Celcius. Lantas apa saja manfaat jamur merang bagi kesehatan tubuh manusia?

Jamur Merang dan Manfaatnya untuk Tubuh

Jamur merang memiliki kandungan gizi yang kompleks. Kandungan protein, fosfor, karbohidrat, vitamin, mineral dan kalsiumnya relatif tinggi.

Jamur merang memiliki kandungan kalori yang rendah dan baik bagi kesehatan tubuh. Potensi yang dimiiki jamur merang sebagai tanaman obat pun cukup diminati masyarakat.

Tanpa kandungan bahan kimia dan harga yang terjangkau merupakan alasan jamur merang kian diminati sebagai alternatif pengobatan alami.

Jamur merang diyakini dapat berkhasiat mengobati berbagai jenis penyakit seperti diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi, penyakit kanker prostat, dan mampu mengurangi resiko terkena stroke. Beragam jenis olahan dari jamur merang dapat ditemui dengan mudah mulai dari baso, sup, dan keripik.

Kandungan air yang terdapat dalam jamur merang pun bermanfaat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Mineral dalam jamur merang berkisar 80—90%.

Tingginya kandungan kalium dalam jamur merang dapat menurunkan resiko terkena stroke akibat hipertensi. Jamur merang juga memiliki kandungan tembaga yang berfungsi sebagai komponen pelindung jantung.

Manfaat lain dari jamur merang yakni sebagai antioksidan berupa selenium, riboflamin, dan niacin yang mampu melawan radikal bebas yang terdapat dalam tubuh.

Media tanam jamur merang yang baik adalah merang dan jerami yang sudah dikomposkan terlebih dahulu. Kompos yang baik untuk pertumbuhan jamur merang yakni kompos batang pisang, kompos sampah kertas, limbah kertas, dan kompos biomassa.

Untuk menghasilkan jamur merang yang berukuran besar, spora, dan miselium, jamur merang harus dipilih secara tepat. Cara pembudidayaan jamur merang yang tren saat ini yaitu dengan menggunakan media tanam kardus.

Media ini relatif mudah dan memiliki keunggulan seperti menghasilkan jamur merang yang berwarna lebih putih, lebih kenyal, dan memiliki aroma yang lebih wangi.

Semoga artikel tentang manfaat jamur merang tersebut dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda.

Selanjutnya : Makin Gaya dengan Jenis Varian Honda Vario Tekno 125
Sebelumnya: Jenis Software untuk Menggambar Desain Knalpot
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar