Manfaat Jus Buah Naga Putih


Manfaat  jus buah Naga putih sudah dikenal di masyarakat  karena kandungan vitamin C yang tinggi. Karena buah naga atau dragon fruit naik daun dalam beberapa tahun terakhir, kini banyak dibudidayakan petani buah di Indonesia. Buah naga kabarnya berasal dari Meksiko, Amerika Selatan. Namun, akhirnya berkembang di daratan Cina setelah dibawa oleh orang Perancis. Buah ini terkenal mempunyai banyak manfaat.

Buah Naga

Ciri buah naga adalah warna merah cerah dengan sisik lebar dengan ujungnya dipenuhi gradasi warna hijau, yang membedakan hanya isi dagingnya. Buah naga memiliki empat jenis yang sebelumnya hanya berkulit merah dengan daging putih dan biji hitam.

Varian buah naga saat ini seperti buah naga kulit merah daging putih/buah naga putih (Hylocereus undatus), buah naga kulit merah daging merah (Hylocereus polyrhizus), buah naga kulit merah daging super merah (Hylocereus costaricensis), buah naga kulit kuning daging putih (Selenicerius megalanthus).

Di antara keempat varian itu, yang paling tinggi kandungan vitamin C adalah buah naga merah daging putih. Kandungan buah naga umumnya 80% air, vitamin C, serat, kalsium, zat besi,fosfurus. Jenis buah Naga putih merupakan jenis pertama yang ditemukan di Meksiko.

Buah naga putih memiliki rasa lebih asam daripada jenis buah naga lain. Itulah mengapa, kandungan vitamin C lebih tinggi pula. Karena keasamannya, buah naga putih lebih nyaman dikonsumsi dengan cara dibuat jus, milkshake, atau salad buah lebih mantap. Jika menyukai rasa asam manisnya, lebih baik langsung dikonsumsi.

Namun jika mengkonsumsi buah naga putih, harus dihindari pemakaian gula dengan kalori tinggi karena akan mengurangi kinerjanya untuk membantu menurunkan kadar darah atau pengontrol gula darah. Lebih baik memilih campuran dengan madu atau gula rendah kalori, sehingga kinerjanya  bisa maksimal.

Manfaat jus buah naga putih seperti menjaga fleksibilitas pembuluh darah, mereduksi gula darah,menurunkan kolesterol, menyumbang mineral bagi tubuh, memperbaiki kecerahan mata, mencegah dan mengobati anemia, menghambat pertumbuhan kanker, menghaluskan kuit  dan manfaat  lainnya bagi kesehatan manusia.

Dengan demikian, banyak manfaat yang bisa kita ambil dari jus buah naga putih. Mungkin bisa dimasukkan ke dalam menu sehat harian kita. Selamat mencoba

Selanjutnya : Manfaat Jus Pisang Berbahan Kulit Pisang
Sebelumnya: Manfaat Buah Jambu Biji bagi Tubuh
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar